Jumlah Penumpang Udara Diprediksi Meningkat, Dua Maskapai Ajukan Penerbangan Tambahan

0

JELANG Idul Fitri 1444H, Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin prediksi akan ada kenaikan pergerakan penumpang mudik.

“PROYEKSI kita, yang melakukan mudik tahun ini pasti lebih banyak daripada tahun lalu. Karena tahun ini sudah agak bebas,” ungkap General Manager AP I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono usai pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat (14/4/2023).

Dony Subardono menyampaikan pihaknya memprediksi penumpang naik sebesar 30,1 persen dan itu baru dari proyeksi.

BACA : Siapkan 3 Armada Bus, Mudik Gratis Dari Pemkot Banjarbaru Dimulai 18 April

“Namun biasanya dari proyeksi, pada pelaksanaannya bisa lebih dari itu,” tambah Dony.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, saat ini baru dua maskapai penerbangan yang mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) sebagai respons lonjakan penumpang di Bandara Internasional Syamsudin Noor yaitu maskapai Lion Air dan Super Air Jet.

“Sampai dengan hari ini, dari seluruh bandara yang dikelola AP I, Banjarmasin masih di peringkat ketiga yang banyak extra flight-nya,” beber Dony.

Dony mengatakan ada dua destinasi tujuan penerbangan yang mengalami peningkatan jumlah penumpang secara signifikan. Yaitu Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

BACA JUGA : Pastikan Kesiapan Kapal Untuk Mudik, KSOP Banjarmasin Gelar Apel Pembukaan Posko Angkutan Laut

“Yang mengalami peningkatan signifikan adalah Yogyakarta. Kenaikannya sebesar 300 persen dari hari biasa, dan penerbangannya penuh sampai jelang cuti Idulfitri,” pungkasnya.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan melakukan mudik melalui pintu gerbang udara Kalimantan Selatan (Kalsel) ini, jajarannya mendapatkan bantuan personel lintas sektor. Seperti dari unsur TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, Polres Banjarbaru hingga Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

“Jadi kita memaksimalkan petugas yang ada, karena fokus kita tahun ini lebih pada keselamatan dan keamanan,” ucap Dony.

Berdasarkan data dari AP I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, pada H-1 jelang Idul Ftri jumlah pergerakan penumpang arus mudik diprediksi mencapai puncaknya. Yaitu sebesar 11.855 penumpang, dan pergerakan pesawat sebanyak 87 kali.

BACA LAGI :  Awal Ramadhan, Ratusan Calon Penumpang Sudah Pesan Tiket Kapal Di DLU Banjarmasin

Sementara saat arus balik, puncak pergerakan penumpang terjadi pada H+6 pasca Idul Fitri, yaitu sebanyak 11.372 penumpang, dengan pergerakan pesawat sebanyak 72 kali.

Jika ditotal, pada periode ini diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dengan total 160.960 penumpang. Jumlah ini sendiri, meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 123.723 penumpang.

Tidak ketinggalan, aktivitas pesawat tumbuh 12,3 persen dengan total 1.177 kali dibanding periode sebelumnya sebesar 1.048 kali.

Terakhir, jumlah kargo juga bertambah sebesar 11,73 persen, dengan total 1.143.358 kilogram dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 1.023.360 kilogram.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.