Lakukan Penilaian, Tim Juri Festival Salikur Banjarbaru Mulai Turun ke Lapangan

0

MEMASUKI 10 hari terakhir Ramadhan, Tim Juri Festival Salikur Banjarbaru 2023 memulai penilaian peserta. Tim juri secara resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru, Said Abdullah di Mess L Banjarbaru, Rabu (12/4/2023) malam.

USAI dilepas, dewan juri berkeliling memberikan penilaian menggunakan bus angkutan sekolah yang disediakan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru sebanyak 2 unit bus.

“Peserta sebanyak 18 tim dari lingkungan RT se Kota Banjarbaru. Sebanyak 19 juri dikerahkan dimana kita melibatkan beberapa unsur kepemudaan dan juri profesional,” ungkap Koordinator Festival Salikur Banjarbaru HE Benyamine.

BACA : Raih Predikat Kota Terbaik, Banjarbaru Sabet Penghargaan Pembangunan Daerah

Bang Ben -sapaan akrabnya- merincikan lima juri dari pewadahan Nanang Galuh Banjarbaru, lima Purna Paskibraka, lima juri dari KNPI Banjarbaru dan 4 orang juri profesional yang akan berkeliling ke tempat-tempat peserta,

“Penilaian sudah dimulai karena peserta mengirim foto kegiatan mereka, puncaknya (penilaian) pada malam 21 Ramadhan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, konsep tahun ini masih tetap sama dengan tahun sebelumnya dengan menghiasi lingkungan komplek atau wilayah tempat tinggal warga, dan penilaian dewan juri akan menilai dari segi artistik, kreativitas, dan kesesuaian tema.

“Penilaian dari gapura, lampion, tanglong, kesesuain tema dalam waktu penilaian tiga hari kedepan ,” terangnya.

BACA JUGA :  Pantau Harga Bahan Pokok, Wakil Walikota Banjarbaru Sidak Pasar Modern Dan Minimarket

Ia juga berharap dengan adanya Festival Salikur ini kerekatan sosial antar warga dalam satu RT menjadi lebih tinggi.

“Terjadi kerekatan sosial yang lebih tinggi, mereka bisa bergotong royong, saling membantu,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah yang melepas secara resmi mengatakan, gelaran festival ini akan menjadi tradisi setiap tahunnya agar Kota Idaman menjadi lebih indah dengan dihiasi berbagai lampion.

“Harapan kami ini menjadi tradisi setiap tahunnya di bulan Ramadhan, jadi di sudut-sudut Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini akan ramai dihiasi dengan berbagai lampion dan lain-lain,” ungkapnya.

BACA LAGI : Siapkan 3 Armada Bus, Mudik Gratis Dari Pemkot Banjarbaru Dimulai 18 April

Ia juga menyampaikan, jumlah peserta Festival Salikur Banjarbaru 2023 lebih sedikit dari tahun sebelumnya, hal ini tentu menjadi bahan evaluasi dalam penyelenggaraan Festival Salikur kedepanya.

Ia juga berenca untuk menarik antusias para peserta pada tahun depan, dengan cara menambah jumlah hadiah Festival Salikur.

“Kedepanya untuk menambah penyemangat peserta kita akan menambah nilai hadiahnya,” pungkasnya.

Diketahui, Kedelapan belas peserta Festival Salikur akan memperebutkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah, untuk juara 1 akan mendapatkan hadiah senilai Rp.10 Juta, Juara 2 Rp. 6 juta, Juara 3 Rp. 5 juta.

Tidak hanya itu, panitia juga mengadakan hadiah untuk 10 peserta terbaik Yang masing-masing akan memdapat Rp. 1,5 juta, kemudian 10 Peserta Favorit Rp 1 Juta.

Yang istimewa dari Festival Salikur tahun ini adalah ada piala bergilir yang dibuat khusus, hasil karya siswa SMK Negeri 1 Banjarbaru, piala ini dibuat dengan metode ukir dari bahan kayu ulin dengan tinggi 1,5 meter.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.