Agar Pengawasan Berjalan Efektif, DPMTSPTTK Balangan Lucurkan Inovasi Awas Nasa Jebol

0

DINAS Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMTSPTTK) Kabupaten Balangan miliki inovasi Pengawasan Perizinan Berusaha Jemput Bola (Awas Nasa Jebol).

KEPALA DMPTSPTTK Kabupaten Balangan, Abiji, bahwa tujuan dibentuknya Awas Nasa Jebol ini untuk pengawasan kegiatan perizinan berusaha kepada pelaku usaha langsung di tempat usaha, sehingga dapat diketahui kendala dan permasalahan yang dhadapi para pelaku usaha.

“Salah satu tujuan kita membuat Awas Nasa Jebol adalah untuk terjalinnya koordinasi yang berkesinambungan antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha terkait perizinan berusaha serta dapat diketahui baik berupa pemenuhan kewajiban dan persyaratan izin yang belum lengkap,” jelasnya pada saat ditemui di kantornya, Senin (3/4/2023).

BACA : 2 SKPD Di Balangan Bakal Dimekarkan

Ia melanjutkan, bahwa Awas Nasa Jebol memiliki manfaat diantaranya pengawasan dapat berjalan lebih efektif dan mengenai langsung kepada pelaku usaha (investor), kemudian realisasi investasi di Kabupaten Balangan menjadi lebih meningkat.

“Salah satu manfaat dari inovasi ini adalah memberikan kemudahan dalam pengawasan agar berjalan lebih efektif,” tambahnya.

Abiji menyebutkan, inovasi Awas Nasa Jebol memiliki keunggulan seperti pengawasan yang dilakukan secara berkelanjutan dan terjadwal, laporan pengawasan langsung dilaporkan ke kementerian BKPM atau investasi melalui aplikasi OSS RBA.

BACA JUGA : Laksanakan Studi Tiru, DPMPTSP Balangan Kunjungi MPP Tabalong

Selain itu pula, proses pengawasan perizinan berusaha jemput bola juga melibatkan SKPD teknis yang bertanggung jawab dalam proses perizinan berusaha.

“Dalam proses pengawasan, selain mewajibkan kepada pelaku usaha untuk melengkapi persyaratan perizinan dan pemenuhan kewajiban usaha, pengawasan juga berfungsi untuk pendampingan pelaku usaha dalam pendampingan penyampaian LKPM,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Herry/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.