Tanbu Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Jelang Ramadhan 2023

0

PEMKAB Tanbu kembali mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah jelang Ramadan 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara virtual, Senin (20/3/2023).

DEPUTI Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menuturkan harga cabe merah, cabe rawit, dan telur ayam dari tanggal 3 – 17 Maret 2023 mengalami kenaikan.

Dalam pemaparannya tentang Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Indonesia, pada Minggu Ketiga Maret 2023 terdapat 10 Kota/Kabupaten yang mengalami kenaikan IPH tertinggi.

Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara berada di urutan teratas kenaikan harga tertinggi di 16,21%. Sementara yang berada di urutan penurunan IPH tertinggi ada di Kabupaten Aceh Tamiang yakni -6,81%.

BACA JUGA: Tekan Inflasi, Pemkab Tanbu Galakkan Tanam Cabai

Menurut data BPS, Cabai Merah menjadi bahan pokok dengan fluktuasi biaya yang signifikan. Fluktuasi itu terjadi di 71 Kota/Kabupaten seluruh Indonesia.

Ketua Satgas Pangan Polri Whisnu Hermawan, menjelaskan, tren kenaikan bahan pokok yang harganya melonjak Cabai Merah dan Bawang Putih dalam 6 Minggu terakhir.

Bahkan, sebutnya, beberapa Minggu terakhir, terdapat beberapa wilayah di Indonesia Timur yang cenderung tinggi bahan pokoknya, seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara.

Rekomendasi menangani ini, sambungnya, dengan menyesuaikan stok dengan karakteristik daerah dalam kenaikan harga bahan pokok menjelang HBKN. “Pemetaan bahan pokok yang rentan terhadap kenaikan spontanitas menjelang bulan ramadan dan Idul Fitri,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir, berharap seluruh pemerintah daerah dapat mempercepat segala proses pendistribusian sehingga harga dapat stabil.

“Tolong konsolidasikan untuk mencermati barang yang stoknya cukup. Stoknya cukup saja harga bahan pokoknya bisa naik. Apalagi kurang. Tidak ada gunanya stok ada, tapi tidak bisa mengendalikan harga. Perlu ditindak tegas juga oknum perusahaan atau distributor yang bermain di situasi saat ini,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.