Pemkab Tanbu Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

0

RAPAT Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia secara virtual ditanggapi langsung Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) H Riduan, diruang Digital Live Room Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (20/2/2023).

DALAM penyampaian antisipasi agar tidak terdampak pada krisis ekonomi global, Riduan menghimbau pihak terkait di Tanah Bumbu melakukan monitoring pasar sebagaimana arahan Mendagri saat rakoor dengan pemerintah daerah se-Indonesia.

Untuk memastikan harga maupun stok bahan pangan daerah tersedia dan cukup, mengingat mayoritas masyarakat di Tanah Bumbu justru lebih tertarik mengkonsumsi beras lokal.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Ikuti Roadshow Virtual Percepatan Penurunan Stunting

Selain itu, mengenai pertanian di Tanah Bumbu, Riduan memastikan petani daerah akan panen padi di awal Maret mendatang, dan hasilnya diperkirakan mencapai 5 sampai 6 ton beras per hektarnya.

“Saya kira untuk padi atau beras kita aman, namun untuk sayuran, tolong Kampung Sayur daerah kita bisa lebih di expose, mengingat harga cabe melonjak di berbagai wilayah,” paparnya.

Sejalan dengan instruksi Asisten Perekonomian Pembangunan tersebut, Kepala Bagian Perekonomian, SDA dan Administrasi Pembangunan Setda Tanbu Didi Ali Hamidi mengatakan pihaknya akan bergerak untuk menindak lanjuti bersama arahan tersebut.

BACA JUGA: Dispersip Tanbu Gelar Pemilihan Duta Baca 2023

“Kita ada tim pengendalian inflasi daerah, jadi secepatnya segera melakukan monitoring ke lapangan terkait dengan harga dan ketersediaan kebutuhan pangan seperti beras,” imbuhnya usai kegiatan.

Selain itu, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dirinya juga menambahkan, bisa dipastikan menjelang Ramadhan pasti ada kenaikan bahan pokok.

“Saya pikir kita semua, baik pemerintah kabupaten terutama Bulog, harus bisa mengkondisikan stok cukup untuk kebutuhan Ramadhan dan pasca Ramadhan,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.