Amankan Lawatan Presiden Jokowi ke Tabalong, 1.900 Personel Gabungan Disiapkan

0

AGENDA cukup padat akan dilakoni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatan ke Kalsel. Orang nomor satu di republik ini telah tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kamis (16/3/2023) sore, sekira pukul 17.20 Wita.

MENUMPANGI pesawat kepresiden, rombongan Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utama.

Turut mendampingi, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Danlantamal XIII Tarakan Laksmana TNI Deni Herman, serta Danlanud Syamsudin Noor, Kolonel Pnb Vincentius Endy Hadi Putra.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan beristirahat di Hotel Novotel, Banjarbaru serta kegiatan internal kepresidenan.

Sesuai rencana, dari Lanud Syamsudin Noor akan bertolak menuju ke Bandara Warukin, hingga menuju ke Pendopo Bersinar, Tanjung, Kabupaten Tabalong pada Jumat (17/3/2023) pagi.

BACA : 3.649 Personel Gabungan Disiapkan untuk Pengamanan Presiden Jokowi di Kalsel

Usai mengikuti acara Muktamar I Rabithah Melayu Banjar di Tabalong diisi istigosah dan doa besama serta silaturahmi dengan tokoh ulama dan tokoh lintas agama, Presiden Jokowi diagendakan, usai dari Tabalong menuju ke Banjarbaru.

Agenda kunjungan Presiden ke-7 ini adalah Pasar Astambul di Kabupaten Banjar untuk pembagian bantuan langsung tunai (BLT), serta jelang shalat Jumat menuju ke Masjid Agung Al Karomah, Martapura.

BACA JUGA : Tabalong Disemat Bumi Nan Sarunai, Muktamar I Rabithah Melayu Banjar Bakal Dibuka Presiden Jokowi

Usai rehat dan santap siap di RM Kampung Kecil Banjarbaru, rombongan Presiden Jokowi menuju ke lokasi SPAM Banjarbakula untuk meresmikan proyek nasional tersebut di Banjarbaru.

Khusus lawatan di Kabupaten Tabalong pada Jumat (17/3/2023), ada beberapa agenda kegiatan yang diikuti mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Di antaranya, menghadiri Muktamar I Rabithah Melayu Banjar di halaman Pendopo Bersinar Tanjung,  Istighosah bersama alim ulama dan tokoh masyarakat.

Berikutnya, Jokowi akan meninjau Pasar Rakyat di Tanjung, Tabalong. Kemudian, mantan Walikota Sol o ini akan meninjau sekaligu s meresmikan Jalan Gren City atau Jalan Nan Sarunai.

BACA JUGA : Tak Hanya Buka Muktamar RMB I Di Tabalong, Presiden Jokowi Diagendakan Bakal Kunjungi Martapura-Banjarbaru

Kepala Staf Korem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandri mengungkapkan dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi di Tabalong, skema pengamanan sudah diperketat terutama pada objek yang disinggahi orang nomor satu di Indonesia ini.

Lokasi Muktamar I Rabithah Melayu Banjar di Pendopo Bersinar, Tanjung yang akan dihadiri Presiden Jokowi. (Foto Istimewa untuk JR)

“Objek yang disiapkan pengamanan adalah Bandara Warukin. Termasuk, rute yang akan dilalui oleh Presiden RI. Selanjutnya Pendopo Bersinar Tanjung, Pasar Rakyat Tanjung dan terakhir adalah lokasi peresmian jalan baru,” kata Kasrem 101/Antasari saat apel gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan Presiden Jokowi di Stadion Pembataan, Murung Pudak, Kamis (16/3/2023).

BACA JUGA : Bisa Kurangi Impor, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Jhonlin Group

Menurut Kasrem 101/Antasari, untuk pengamanan Presiden Jokowi bersama rombongan sedikitnya dikerahkan 1.900 personel gabungan dari TNI dan Polri.

“Pengamanan diberlakukan pada Jumat (17/3/2023) terhitung sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita. Jadi, status pengamanan kunker Presiden RI ini adalah siaga operasi,” kata perwira menengah TNI AD ini.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Sebut Bendungan Tapin Mampu Kurangi Dampak Banjir hingga 60 Persen

Kolonel Iwan Rosandri menekankan agar unsur pengamanan Presiden RI bisa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, konsentrasi tetap terjaga dengan tugas pokok lancar dan meningkatkan komunikasi demi lancarnya kegiatan teknis dan taktis.

“Kami berharap kegiatan kunker Presiden Jokowi ini dapat berjalan lancar sukses sesuai dengan harapan di Tabalong, umumnya di Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:muktamar rabithah melayu banjar
Penulis Hery Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.