Tekan Inflasi, Paman Birin Layani Warga Beli Sembako Di Operasi Pasar Murah

0

DALAM upaya mengendalikan inflasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar operasi pasar murah di Siring 0 KM, Jalan Jendral Sudirman Banjarmasin, Senin (20/2/2023).

SETIDAKNYA ada 11 komoditas bahan pokok yang dijual. Mulai beras, bawang merah, daging sapi, daging ayam ras, gula pasir, ikan segar, minyak goreng, tepung, cabe rawit dan telur ayam.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab dipanggil Paman Birin pun memantau langsung kegiatan pasar murah, yang disambut antusias warga Kota Banjarmasin.

BACA: Per Januari 2023, BPS Kalsel Catat Inflasi Banjarmasin, Tanjung dan Kotabaru Masih Tinggi

Didampingi Hj Raudatul Jannah yang juga Kepala Biro Perekonomian, tidak hanya melakukan pemantauan, namun terlibat langsung dalam melayani pembeli yang didominasi oleh kaum ibu. Beras kemasan 10 kilogram dijual Rp 90 ribu per kemasan.

Meskipun sempat diguyur hujan, antuasias pembeli tak bergeming, mereka terus sabar antre untuk beli beras yang disubsidi Pemprov Kalsel.

“Pasar murah di Kota Banjarmasin dari 19 – 21 Februari ini sebagai upaya mengendalikan inflasi beberapa kebutuhan bahan pokok, karena langkah ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo,” kata Paman Birin.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Akan Gelar Operasi Pasar Barang Kebutuhan Pokok Di 3 Kabupaten/Kota

Menurutnya, Presiden Jokowi telah meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah cepat untuk pengendalian inflasi. Yakni termasuk operasi pasar murah secara kontinyu.

Paman Birin juga mengharapkan, operasi pasar murah bahan pokok ini dilaksanakan juga di semua kabupaten/kota, hingga semua masyarakat merasakan kemudahan mendapatkan bahan pokok yang terjangkau. “Jangan sampai warga kita kesulitan mendapatkan bahan pokok,” harapnya.

Saat meninjau dan melayani penjualan di pasar murah, gubernur didampingi sejumlah kepala dinas dan kepala biro turut melayani pembeli. Diantaranya Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman, Kadisbunnak Suparmi, Kadisdikbud Muhammadun, Kadisdag Birhasani.

BACA LAGI: Pengendalian Inflasi, Birhasani: Tiga Daerah Harus Gelar Pasar Murah Sebulan Sekali

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Birhasani menyampaikan, operasi pasar murah sebelas komoditas bahan pokok ini sebagai upaya menekan inflasi di Kalsel pada bulan Februari, di mana Kota Banjarmasin masuk daerah yang tertinggi terjadi inflasi bahan pokok.

Selain Kota Banjarmasin, kata Birhasani, operasi pasar murah juga sudah dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru pada pekan kemarin. Setelah di Kota Banjarmasin akan dilaksanakan lagi di Kabupaten Tabalong pada 23-25 Februari 2023 di Plaza Umaiyah.

Menurutnya, angka inflasi bulan Januari 2023 di Kalsel sudah mengalami penurunan, dibandingkan bulan Desember 2022, yakni, dari 6,99 menjadi 6,11. “Dengan langkah operasi pasar murah ini, diharapkan pada bulan ini bisa menurun signifikan,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.