Mantapkan Kelola Pangan, TPID Provinsi Kalsel Kunjungi BUMD DKI Jakarta

0

TIM Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalsel mengadakan kunjungan ke pabrik pengolahan beras dan pangan, PT Food Station Tjipinang Jaya (PT FSTJ) milik Pemprov DKI Jakarta, Selasa (14/2/2023).

KUNJUNGAN yang diprakarsai oleh Kepala Biro Perekomomian Setda Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah ini, diikuti Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Syamsir Rahman, Kepala Dinas Perdagangan Birhasani, Kepala Biro Adminitrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel Berkatullah, serta perwakilan seluruh TPID di Kabupaten Kota se-Kalsel dan BUMD Provinsi Kalsel.

Kedatangan rombongan TPID Kalsel di lokasi pabrik, disambut langsung oleh Direktur Keuangan dan Umum PT FSTJ Budi Santoso.

BACA: BI Bersama TPID Kalsel Selenggarakan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan

Dalam paparannya, Budi Santoso menjelaskan bahwa dalam memenuhi kebutuhan beras PT FSTJ membangun kemitraan dengan petani, bukan dengan sistem trading yang mengikuti turun naiknya harga sehinga tidak merugikan petani.

“Kalau kami prinsipnya adalah kemitraan jangka panjang. Artinya pada saat kondisi senang ya mereka nabung, pada saat susah mereka mengurangi marginnya (keuntungan). Kepastian pembeli hubungan yang baik dan pembayaran yang lancar,” ujarnya.

Budi juga menekankan pentingnya komitmen antara SKPD dan OPD dengan BUMD, dalam hal ini PT FSTJ, dalam membangun BUMD yang berhasil dan berdampak positif terhadap perekonomian dan kesetabilan harga di daerah, sehigga inflasi relatif terjaga.

“Yang punya Budget dan anggaran dalah teman teman di SKPD dan OPD, nah kami yang digerakan oleh mereka (SKPD/OPD Pemprov DKI Jakarta). Komitmen ini yang berjalan beriringan antara meraka (Pemprov DKI) dan kami (BUMD),” terangnya.

BACA JUGA: Kendalikan Inflasi, Kadis TPH Kalsel Minta Pemkot/Pemkab Optimalkan Peran BUMD

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat langsung proses pengolahan beras di PT FSTJ. Peserta kunjungan TPID Kalsel ini pun di ajak melihat langusung pengepakan beras, proses pemurniannya dengan mesin dan alur distribusi yang dilalui untuk mengolah beras premium.

Sebelumnya, dalam pertemuan TPID se-Kalsel di Hotel Oria (13/2/2023) Raudatul Jannah mengatakan, dipilihnya PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai tempat kunjungan karna dinilai sukses dalam mengelola distribusi beras dan bahan pangan, khususnya di DKI Jakarta.

Suksesnya pengelolaan bahan pangan berdampak pada terjaganya tingkat inflasi DKI Jakarta yang di bawah rata-rata nasional yaitu 3.50 persen year on year (YoY) pada Juli 2022.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.