Menerobos Rawa, Bagikan Buku, Sebarkan Budaya Dongeng di Paminggir

0

ROMBONGAN Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Kalsel menerobos kawasan rawa di Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kamis (24/1/2019). Menaiki speedboat selama berjam-jam, mereka menyapa para murid TK Harapan Mulia di Desa Ambahai, Kecamatan Paminggir sekadar untuk sosialisasi minat baca dan budaya dongeng untuk anak-anak.

KEPALA Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyebut kunjungan ini sekaligus menyampaikan sumbangan beberapa boks buku dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) yang memiliki hubungan baik dengan Pemprov Kalsel.

Ia menjelaskan, bagaimana pun kondisi geografis suatu tempat, layanan perpustakaan harus bisa masuk ke dalamnya. “Ini sudah sesuai dengan UU 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Masyarakat di daerah terpencil, terisolasi, atau terbelakang sebagai akibat faktor geografis berhak memperoleh layanan. Makanya kita berangkat ke Ambahai” ujar Nunung, sapaannya.

BACA: Perpustakaan Keliling Sambangi Pelajar di Kawasan Pesisir Kalsel

Tak sampai di sini, Nurliani menyebut pihaknya juga tengah berencana akan mendatangkan perahu pustaka. Agar memudahkan tim perpustakaan keliling menjangkau daerah-daerah terpencil layaknya Desa Ambahai.

Sementara itu, Kadispersip Hulu Sungai Utara, Lailatanur Raudah menyambut baik kedatangan rombongan Dispersip Kalsel ini untuk menebar semangat literasi di daerah terpencil.

“Kami berterima kasih kepada Bunda Nunung jauh-jauh datang dari Banjarmasin ke sini untuk memberikan semangat gemar membaca. semoga saja semangat membaca bisa ditularkan kepada kita semua,” papar dia.

BACA: Membumikan Tradisi Dongeng Demi Membentuk Karakter Kebangsaan

Didampingi juga oleh Ketua TP PKK HSU, Anisah Rasyidah Wahid, dia berpesan kepada orang tua wali untuk rutin membacakan cerita bagi anak-anaknya guna merangsang kemapuan berpikir dan rasa keingin tahuan anak-anak.

“Hari ini dinas perpustakaan dan kearsipan juga membawakan hadiah untuk anak-anak TK/PAUD ada berbagai macam buku untuk anak-anak maupun untuk orang tua. Mari kita sering membacakan cerita untuk anak-anak kita agar dapat merangsang kecerdasan anak.” pungkas Anisah. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.