Perpustakaan Desa Karang Indah Ikuti Peer Learning Meeting 2022 di Surabaya

0

PERPUSTAKAAN Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana mengikuti Peer Learning Meeting (PLM) tahun 2022. Kegiatan itu diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI di Surabaya mulai 4-7 Desember 2022.

PENGELOLA perpustakaan dari berbagai Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Desa juga ikut, sebab merupakan mitra Perpusnas sebagai penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Perpustakaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu menjadi peserta dalam PLM Nasional itu. Pengelola perpustakaan Desa Karang Indah sebagai perwakilan perpustakaan desa dari Bumi Bersujud merupakan perpustakaan terbaik dalam penerapan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

BACA JUGA: Komisi Penanggulangan Aids Tanbu Sosialisasi Bahaya Aids

Pengelola Perpustakaan Desa Karang Indah, Martriana, mengucapkan rasa syukur dapat mengikuti kegiatan skala nasional. Selain dapat bersilahturahmi dengan pengelola perpustakaan dari berbagai daerah, kegiatan itu menjadi tempat saling berbagi informasi perkembangan perpustakaan dan literasi.

“Perpustakaan di desa dapat menjadi pilot proyek perpustakaan berbasis inklusi social, yang membantu meningkatkan kesejahteraan di desa,” ucapnya.

Kegiatan bertema “Gerakan Kolaborasi dan Sinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Berkelanjutan”, bertujuan sebagai wadah sharing dan berbagi informasi terkait pengembangan perpustakaan.

Rangkaian kegiatan yakni talkshow interaktif, kelas berbagi dan awarding ceremony. Peserta mengisi stand pameran berupa produk-produk UMKM lokal. Bahkan, Tanah Bumbu mengisi stand produk-produk UMKM pula, hasil binaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

BACA JUGA: KPA bersama IBI Tanbu Peringati Hari Aids se-Dunia

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu, Yulia Ramadhani, menyebutkan, saat ini telah ada 4 perpustakaan desa sebagai penerima manfaat program inklusi sosial dari Perpustakaan Nasional RI. “Bantuan yang diterima berupa paket komputer, TV, printer dan sejumlah bahan pustaka,” tuturnya.

Perpustakaan desa yang menerima yakni Perpustakaan Desa Karang Indah, Perpustakaan Desa Mekar Jaya, Perpustakaan Desa Batulicin Irigasi dan Perpustakaan Desa Suka Damai.

“Semoga perpustakaan desa di Tanah Bumbu terus berkembang sejalan kemajuan teknologi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.