Archday Festival 2022 Ala Mahasiswa Arsitektur ULM Di Taman Van Der Pijl Banjarbaru

0

MENYAMBUT hari jadi Program Studi Arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Lambung Mangkurat (ULM), rangkaian kegiatan digelar mahasiswa dengan puncaknya acara pada Jumat-Minggu (11-13 November 2022).

KETUA Program Studi Arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Akbar Rahman menyebut Event Archday Festival dengan tema ‘A Journey Of Us’ di taman Van Der Pijl Kota Banjarbaru ini, adalah event tahunan Program Sutudi Arsitektur Fakultas Tehnik ULM telah berlangsung lebih satu dasawarsa.

“Archday merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak beberapa bulan lalu yang di launching di Desa Binaan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat di Desa Murung Keramat Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala. Pada saat itu telah dilaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa dan Dosen-dosen Program Studi Arsitektur,” ujarnya dengan jejakrekam.com, Jumat (11/11/2022).

BACA: Mahasiswa Fakultas Teknik ULM Raih Juara 2 Dan 3 Pekan Ilmiah Pertambangan 4.0

Dokter Urban Design Jebolan SAGA University Japan ini menambahkan, kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan adalah Sayembara desain arsitektur dan Webinar Nasional, yang puncak adalah event Archday Festival dengan tema A Journey of Us di Taman Van Der Pijl, Banjarbaru.

“Dengan terselenggaranya event ini, kami mengucapkan terima kasih kepada sponsor dan Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Perumahan dan Permukiman yang telah memfasilitasi dan mengizinkan acara di Taman Van Der Pijl Banjarbaru,” ucapnya.

“Dan terima kasih atas kerja keras mahasiswa dan panitia dalam rangkaian kegiatan Archday tahun ini, semoga Arsitektur Fakultas Tehnik ULM semakin berkembang serta memberi manfaat langsung ke masyarkat dan lingkungan,” ujarnya lagi.

Sementara itu Ketua Panitia Archday 2022 Gusti Muhammad Irsyad Maulana menambahkan, Archday 2022 menarasikan perjalanan berarsitektur yang diumpamakan sebagai pengembaraan mengarungi samudra hingga sampai ke tujuan atau titik berlabuh.

“The Journey of us pun memaknai keseharian mahasiswa arsitektur melalui visualisasi seorang pelaut yang kesehariannya bergelut menerjang ombak untuk menemukan jati dirinya,” ujarnya.

Mahasiswa Angkatan Tahun 2019 ini juga menjelaskan, Archday diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan menyambut hari jadi Program Studi Arsitektur ULM yang dimulai bulan Oktober hingga November. Event yang disajikan termasuk Pengabdian Masyarakat, Sayembara, Seminar, Workshop, Temu Alumni, dan Pameran Arsitektur.

BACA JUGA: Singkirkan Banyak Perguruan Tinggi, Arsitektur ULM Raih Juara 1 Sayembara Nasional

“Tentu tujuan event ini ada manfaatnya buat masyarakat. Yakni mendapatkan edukasi mengenai peran arsitektur terhadap kehidupan bermasyarakat, mengenal lebih dekat mengenai arsitektur, mengenal fungsi dan makna desain arsitektur, mengenal kaitan arsitektur dengan isu-isu di masyarakat, serta memberikan pilihan hiburan yang bersifat edukatif, inovatif, dan kreatif,” bebernya.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan Archday 2022 adalah masyarakat umum serta kalangan muda-mudi (masyarakat luas, pelajar, akademisi, dan pemerintah).

Bahkan dia mengajak khalayak umum untuk ikut dalam pengembaraan para praktisi arsitektur untuk mendefinisikan arsitektur dengan karya-karya mahasiswa program studi arsitektur ULM untuk mengenal arsitektur dengan lebih dekat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.