Partisipasi Kalangan Pemuda Dan Mahasiswa Berperan Penting Dalam Pemilihan Umum

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi dengan tema ‘Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa’ di Hotel Galaxy Banjarmasin, Kamis (27/20/2022) malam.

KEGIATAN ini mengundang seluruh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada di Kalimantan Selatan dengan menghadirkan narasumber dari pihak Kepolisian, Kejaksaan dan dari KPU RI yang di buka oleh Komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah.

Edy Ariansyah mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memastikan pemilu di Kalimantan Selatan sesuai dengan prinsip -prinsip demokrasi.

BACA: KPU Kalsel: Pendaftaran Parpol 1-14 Agustus 2022

“Sebelum merdeka, pemuda sudah mengikrarkan diri dengan Sumpah Pemudanya. Hari ini kita mengundang pemuda dan mahasiswa, sebab pemilu itu bukannya hanya dari unsur KPU, tapi semua elemen,” ujarnya.

“Mahasiswa merupakan semangat baru, semangat kebersamaan, semangat kolaborasi, dan pemilu tidak serta merta diselenggarakan secara eksklusif oleh kelompok-kelompok penyelenggara saja. Namun oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemuda dan mahasiswa, karena memiliki peran penting untuk berpartisipasi,” ucapnya.

BACA JUGA: KPU Kalsel Gaet 50 Warga jadi Kader Desa Peduli Pemilu

Dari seluruh rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilu, pemuda dan mahasiswa memiliki peran yang sangat signifikan untuk memastikan terselenggaranya pemlihan berjalan secara demokratis.

KPU memastikan menyediakan ruang partisipasi bagi pemuda, terutama taman-teman mahasiswa yang ada di Kalsel .

“Ini adalah etape lanjutan dari kami KPU, terutama kepada mahasiswa di Kalsel untuk memaksimalkan proses edukasi pemilih serta proses sosialisasi. Tanpa adanya pemahaman yang memadai dengan instrumen-instrumen pendidikan pemilih dan sosialisasi, bagaimana mungkin kita dapat mendorong masyarakat untuk dapat berpartisipasi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.