BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Kenalkan Program Rehab Kepada Rekan Media

0

BAGI Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri yang memiliki tunggakkan iuran, kini dapat mengikuti Program REHAB (Rencana Iuran Pembayaran Bertahap) sebagai keringanan dan kemudahan peserta PBPU/Mandiri dalam melunasi tunggakkannya.

HAL tersebut disampaikan kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Handi Widyatno, saat media workshop bersama rekan media Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Barito Utara, Rabu (21/9/2022).

Handi Widyatno mengatakan, untuk mengikuti program tersebut, peserta PBPU/Mandiri dapat mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165.

BACA: BPJS Kesehatan Tawarkan Program REHAB, Solusi Jitu Atasi Tunggakan Iuran JKN

Menurutnya, kini peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terutama peserta PBPU/Mandiri yang memiliki tunggakkan dari 4 hingga 24 bulan bisa mengikuti program REHAB dengan mendaftar melalui Aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165 BPJS Kesehatan.

Lebih lanjut Handi menjelaskan, pendaftaran di aplikasi Mobile JKN melalui menu Rehab dan nantinya akan muncul informasi awal mengenai program tersebut.

Dijelaakannya, Setelah memilih menu yang ada di Aplikasi Mobile JKN nantinya akan muncul informasi awal yang berisi informasi total tunggakkan beserta simulasi tagihan yang harus dibayarkan, maksimal periode pembayaran bertahap sendiri ada 12 tahapan.

BACA JUGA: Rayakan Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Dorong Pekerja Indonesia Tumbuh Dan Kuat

Jika prosesnya berhasil, maka tagihan pembayaran akan muncul sesuai dengan besaran simulasi dan pembayaran dapat dilakukan melalui kanal-kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama juga dijelaskan berbagai kemudahan layanan yang dapat diakses oleh peserta JKN selain Aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165, kemudahan layanan administrasi juga dapat diakses melalui layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) ke nomor whatsapp 08118750400 dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) ke nomor 08118165165.

Disamping itu, Handi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dengan rekan-rekan media dan Ia berharap informasi terkait dengan program REHAB dan kemudahan layanan program JKN dapat diteruskan kepada masyarakat.

BACA LAGI: Jamin Keselamatan Wartawan, Anggota PWI Barito Utara Ikuti Rapid Test

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan media atas dukungan dalam penyampaian informasi khususnya kepada masyarakat yang ada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh harapannya masyarakat dapat diinformasikan terkait dengan program REHAB ini maupun kemudahan layanan lainnya,” ucap Handi.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua PWI Kabupaten Barito Utara Herman mengapresiasi adanya kegiatan tersebut dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh dengan adanya kegiatan ini, menjadi kesempatan teman-teman dari PWI Kabupaten Barito Utara untuk bertanya dan memahami lebih dalam terkait dengan program JKN BPJS Kesehatan,” ungkap Herman.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.