Usai Pulau Curiak dan Kanoko, Bupati Batola Hj Noormilyani Bidik Kembangkan Jejangkit Ecopark

0

PUNYA kawasan wisata ekologi di Pulau Curiak yang menjadi habitat serta riset bekantan dan mangrove rambai serta Pulau Kanoko di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala (Batola).

TERNYATA Bupati Batola Hj Noormiliyani AS juga tengah membidik kawasan lainnya. Yakni, mengembangkan kawasan Jejangkit Ecopark.

“Walau sempat terhalang pandemi Covid-19, sekarang wisata baru dikembangkan di Jejangkit Ecopark dengan memanfaatkan lahan bekas Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 lalu,” kata mantan Ketua DPRD Kalsel ini, usai meresmikan gazebo, dermaga apung serta menara pantau di Pulau Curiak dan Pulau Kanoko, Kamis (8/9/2022).

Ia menegaskan dengan segala keterbatasn, Jejangkit Ecopark akan menjadi destinasi wisata baru di Batola . Hal ini demi menunjukkan bahwa Batola memilki beragam potensi khususnya di sektor wisata, termasuk kekayaan alam satwa khas Kalimantan Selatan yaitu bekantan.

BACA : Politik Radikalisasi Air: Mengurai Pangkal Persoalan Pengolahan Air Bersih di Jejangkit

“Bekantan bukan hanya ada di Pulau Curiak, namun di Tabunganen bahkan Marabahan juga ada. Sepanjang Sungai Barito satwa ini banyak dijumpai di Batola,” kata mantan Ketua DPRD Kalsel dari Fraksi Golkar ini.

Putri pejuang revolusi Banjar Aberani Sulaiman ini berharap ke depan pengembangan wisata ekologi juga bisa diterapkan wilayah lain di Batola.

Noormiliyani selama menjabat orang nomor satu Batola ini proaktif dalam perlindungan satwa endemik Kalimantan, seperti bekantan. Kolaborasi dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dilakoni Pemkab Batola hingga melahirkan kawasan konservasi berupa Stasiun Riset bekantan di Pulau Curiak serta Mangrove Rambai Center.

BACA JUGA : Cetak Sejarah, Ahmad Pemuda asal Jejangkit Raih Gelar Atak Batola 2021

Dia mengucapkan terima kasih atas kepedulian BNI dalam menyalurkan dana CSR untuk mengembangkan kawasan Pulau Curiak dan Pulau Kanoko di perairan Sungai Barito.

Pada kesempatan ini, gazebo Akbar yang merupakan sumbangan Bupati Hj.Noormiliyani AS dan H Hasanuddin Murad untuk Pulau Wisata Kanoko. Pada kegiatan ini, Bupati Noormiliyani juga didampingi Kadispora Batola, Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah serta Forkopimcam.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.