Dispersip Kalsel Berikan Pembinaan di Pemkab Tanbu

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan memberikan pembinaan perpustakaan di aula Kantor Dispersip Pemkab Tanah Bumbu di Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Senin (29/8/2022).

KEPALA Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar, mengatakan pembinaan perpustakaan untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi bagaimana pengelolaan perpustakaan berstandar nasional.

“Baik itu perpustakaan milik institusi pemerintah, sekolah, ataupun swasta yang ada di Tanbu, agar bisa dikelola dengan baik dan berstandar nasional,” ujar Wildan Akhyar. 

Pengelolaan perpustakaan yang baik berdampak pada pelayanan masyarakat dan pelajar, agar orang yang datang untuk membaca ke perpustakaan merasa nyaman.

BACA: Hadiri Rakor, Dispersip Tanbu Bakal Menggelar PILM

Wildan mengakui, perpustakaan berakreditasi atau berstandar nasional tentu ada 6 komponen wajib dipenuhi. Yakni, koleksi atau jumlah judul dan buku, sarana dan prasarana, pelayanan atau SDM berkaitan pengelola seperti jumlah dan kompetensi pustakawan yang dimiliki, penyelenggaraan dan penguat seperti inovasi perpustakaan,

“Menjadi syarat mendapatkan predikat akreditasi dan standar nasional, kegiatan sosialisasi pembinaan perpustakaan di Tanbu merupakan yang ke-10 se-Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Kepala Bidang Pengembangan Pelayanan dan Kegemaran Membaca Dispersip Tanbu, Tri Wahyudi, berharap, pembinaan perpustakaan dari Dispersip Kalsel ini dapat mendorong peningkatan standar pengelolaan perpustakaan di Tanbu. “Targetnya perpustakaan di Tanbu mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” kata Kabid Dispersip Tanbu itu. 

Kini, jelasnya, tercatat jumlah perpustakaan di Tanbu cukup banyak dengan minat baca yang juga tinggi. Yakni sekitar 212 perpustakaan di Tanbu yang terdiri dari 68 perpustakaan umum dan 12 perpustakaan khusus. “Jumlah perpustakaan yang ada, namun banyak tidak aktif. Ini jadi tantangan Dispersip dalam upaya memaksimalkan anggaran dari pemerintah untuk membenahi kekurangan tersebut,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.