Tabalong Raih Dua Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementrian LHK RI

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih dua penghargaan berbasis lingkungan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

MENURUT Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, dua penghargaan tersebut masing-masing Nirwasita Tantra Kategori Pemerintah Daerah Terbaik Tingkat Kabupaten Kecil dan Kategori Kepala Daerah Terbaik Tingkat Kabupaten Kecil.

“Penghargaan diserahkan Wakil Menteri LHK RI Alue Dohong di Gedung Manggala Wana Bhakti di Jakarta pada Rabu (20/7/2022),” ujarnya kepada wartawan.

Kedua penghargaan tersebut, menjadi motivasi untuk terus bekerja lebih keras lagi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

BACA: Berkat Desa Wisata Padang Panjang, Bupati Tabalong Sabet Penghargaan Menteri Desa PDTT

“Penghargaan ini didapat bukan instan, tetapi melalui sebuah proses panjang yang melibatkan seluruh stakeholder,” katanya.

Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian LHK RI, Bambang Supriyanto selalu Ketua Panitia saat memberi sambutan pada perhelatan penganugerahan penghargaan.

Menurutnya, penilaian penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021 berjalan dengan sangat panjang. “Tahapan penilaiannya sangat detail, karenanya membutuhkan waktu yang lama,” ujarnya.

Pandemi covid-19, semakin menambah panjang waktu penilaian terhadap daerah yang masuk sebagai nominator.

Penghargaan yang diberikan itu sendiri, diharapkan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kepedulian, komitmen, prakarsa serta inovasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

BACA JUGA: Sediakan Angkot Gratis Langsat Manis, Pemkab Tabalong Raih Penghargaan Nasional

Anang Syakhfiani menambahkan, apresiasi patut diberikan kepada perusahaan swasta, instansi vertikal dan semua yang terlibat dalam pengelolaan lingkungan hidup di Tabalong.

“Kebersamaan berhasil menghantarkan kita meraih prestasi di tingkat nasional,” tambahnya.

Selain Nirwasita Tantra tahun 2021, Pemkab Tabalong juga telah meraih berbagai prestasi di sektor pengelolaan lingkungan.

Antara lain sebagai Kabupaten/Kota Pengelola Lingkungan Terbaik Tingkat Provinsi Kalsel, Penghargaan Sasangga Banua, Trofi Proklim Madya dan Utama, Sekolah Adiwiyata Nasional, Daerah dengan Predikat Open Defecation Free (ODF) dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.