Kamtibmas di Wilayah Hukum Polda Kalsel Tetap Terjaga, 52 Dewan Kelurahan Siap Terima Putusan MK

0

FORUM Kota Banjarmasin mengucapkan ikrar bersama untuk menjaga situasi Kamtibmas dalam menyikapi masa persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pemindahan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

SELAIN itu juga diadakan diskusi umum Yudicial Review di MK yang juga membahas gugatan MK UU No. 8 Tahun 2022 tentang pemindahan Ibukota Provinsi Kalsel di Aula Pemko Banjarmasin, Kamis (21/7/2022).

Sejumlah petinggi hingga tokoh penting diantaranya Wakil Ketua Komisi V DPRI RI, Syaifullah Tamliha, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Kuasa Hukum Masyarakat M. Fazri, Pakar Hukum Tata Negara, Ichsan Anwari, Perwakilan DPRD Kota Banjarmasin, Forkot Banjarmasin Nisfuady, Moderator, Iqbal, Camat se-Kota Banjarmasin, Lurah se- Kota Banjarmasin, Dewan 52 Kelurahan se-Kota Banjarmasin, Tokoh Masyarakat hingga jurnalis berhadir dalam rangka silaturrahmi 52 dewan Kelurahan.

BACA: Masukan Hakim MK bagi Penggugat UU Kalsel : Pemindahan Ibukota Provinsi Cukup Pakai PP Bukan UU

“Maksud dan tujuan kegiatan ini lebih kepada visi misi tersampaikan dan masyarakat menjadi lebih mencintai Kota Banjarmasin,” ungkap Ketua Forkot Banjarmasin, Nisfuady.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, menegaskan Pemkot Banjarmasin optimis memenangi gugatan di MK, hal ini diperkuat dengan tidak pernah dilibatkannya dalam pembentukan UU pemindahan Ibukota Kalsel.

Sehingga menganggap adanya tahapan yang terlewati, yaitu tidak ada dokumen rencana Pemprov sebelumnya ingin memindah Ibukota Kalsel ke Kota Banjarbaru, yang ada sebut Ibnu hanya lokasi perkantoran dipindah ke Banjarbaru, sedangkan Ibukota Provinsi tetap di Kota Banjarmasin. “Gugatan sudah masuk tahap empat, selanjutnya dilanjutkan mendengarkan keterangan Walikota Banjarbaru 3 Agustus 2022 mendatang, ” kata Ibnu.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPRI RI, Syaifullah Tamliha, menyebutkan, UU pemindahan Ibukota Provinsi Kalsel dirancang dan diserahkan ke Komisi II DPR RI, namun dirinya menyayangkan Kota Banjarmasin tidak dilibatkan dalam pembahasan UU pemindahan Ibukota Banjarmasin.

BACA: NGopi di Studio jrektv, Mengapa Pemindahan Ibukota Provinsi Kalsel Dipersoalkan?

Kemudian lanjutanya, draf latar belakang penyusunan serta pembahasan RUU Kalsel terkait perpindahan Ibukota dari Banjarmasin ke Kota Banjarbaru diantaranya Komisi II DPR RI, Rifki Nizami Karsayuda. “Ya Pemko Banjarmasin merasa dirugikan dari sisi pembagian anggaran, ” sebutnya

Kuasa hukum Forkot, M. Fazri, menjelaskan masyarakat harus kritis dalam proses hukum jika tidak sesuai dengan aturan, dimana adanya prosedur yang dilanggar dalam pembuatan UU pemindahan Ibukota Kalsel, kemudian dasar pembuktian pembentukan UU hanya ada 1 kali uji publik kepada masyarakat sehingga tidak efektif bagi warga Banjarmasin

Bukan itu saja menurutnya, ketidak terbukaannya pembentukan UU sehingga melanggar asas keterbukaan dlm pembahasan pemindahan Ibukota Kalsel. “Ada ketidakjelasan tujuan pemindahan Ibukota Kalsel tersebut, setidaknya pemindahan harus melibatkan suara dari 13 Kabupaten Kota se Kalsel, ” tukasnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:MKBAGI
Penulis Akhmad Faisal

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.