Satgas Pangan Monitoring Pasar Raya Bumi Pangeran Pagatan

0

SATUAN Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan monitoring ketersediaan dan perkembangan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok di Pasar Raya Bumi Pangeran Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (1/4/2022).

TUJUANNYA menjaga keseimbangan dan ketersediaan permintaan bahan pokok pada saat Ramadhan 1443 Hijriyah. Satgas Pangan terdiri Dinas KUMP2, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bagian PSDA2P Setda, Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres, Wakapolsek Kusan Hilir, dan Sekcam Kusan Hilir.

Kepala Dinas KUMP2 Tanbu H Deny Harianto menyebutkan peninjauan dan monitoring di pasar untuk memastikan ketersedian bahan pokok. Hasilnya pun, jelasnya, menunjukkan stok cukup tersedia dan harga relatif stabil walaupun ada kenaikan yang bervarisi. “Kami membantu menstabilkan harga pangan. Dan pemkab menggelar pasar murah di 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu yang akan dimulai pada 6 April – 26 April 2022 dengan harga sedikit rendah dari harga yan beredar di pasar-pasar, ” ucap H Deni. 

BACA: Bupati Tanbu Resmikan Rumah Kemasan Wadah Pusat Industri Kerajinan Masyarakat

Usai melakukan monitoring di Pasar Bumi Pangeran, rencananya Satgas Pangan pada Senin 4 April 2022 juga meninjau stok ketersediaan bahan pokok di Gudang Para Distributor.  Dan Selasa 5 April 2022 ke Pasar Harian Simpang Empat yang merupakan salah satu barometer harga sembako untuk Kabupaten Tanah Bumbu.

Saat monitoring tersebut, Kepala DKUMP2 Tanbu H Deny Harianto memberikan edukasi ke pedagang dan masyarakat. “Kami harap pedagang tidak menaikan harga di luar kewajaran. Dan pengunjung pasar agar tidak melakukan aksi borong supaya tidak terjadi “panic buying” sehingga berdampak gejolak harga,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.