Paman Birin Komitmen Perjuangkan Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender

0

GUBERNUR H Sahbirin Noor berkomitmen memperjuangkan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

“KAMI berkomitmen agar pengarus utamaan gender menjadi prioritas dalam pembangunan kalsel.  Kami tak hanya berkomitmen untuk menuangkan dalam dokumen perencanaan, tetapi juga telah melakukan berbagai program yang mendukung perempuan agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” ucap H Sahbirin Noor pada saat menghadiri pertemuan W20 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (23/3/2022). 

Menurut Paman Birin, sapaan akrabnya, komitmen untuk mengedepankan pengarus  utamaan gender di Kalsel, semakin diperkuat dengan dipercayakannya Kalsel  sebagai penyelenggara W20  di Banjarmasin. “Melalui kegiatan ini kami menyambut semua delegasi W20 untuk berdiskusi agar Indonesia bersama dunia dapat pulih bersama dan lebih menguatkan respon kesehatan dengan setara,” katanya.

BACA : Kalsel Jadi Tuan Rumah Gelaran W20 2022, DPRD Kalsel Siap Dukung Penuh

Rapat pleno ketiga yang diselenggarakan di Kalsel ini, diharapkan akan memberikan masukan penting dalam pengambilan keputusan saat pelaksanaan KTT (G20) di Bali nanti. Karena untuk pulih bersama, tak boleh lagi ada kesenjangan gender dan ketidaksetaraan akses kesehatan.

Pria yang biasa disapa Paman Birin ini menyebut perempuan banua berperan besar dalam mendukung perekonomian keluarga, mulai dari bertani, menjadi perajin anyaman, menyadap karet, pedagang di pasar terapung, hingga bekerja di sektor swasta dan pemerintah.

Sejak dulu, kata dia, kultur masyarakat kalsel memberikan ruang bagi perempuan, untuk berperan di berbagai sektor kehidupan.

BACA JUGA : 4 Proyek Di Kalsel Gagal Didanai Lewat Skema KPBU, Termasuk Jalan Banjarbaru-Batulicin

Sementara itu, Chair Women20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi mengapresiasi komitmen Pemprov Kalsel dalam rangka mendukung perempuan mencapai potensi mereka. “Tentunya kami sangat mengapresiasi Pemprov Kalsel dalam mendukung kesetaraan gender,” ucapnya.

Dikatakanya, para perempuan di Kalsel mempunyai potensi untuk meningkatkan kesejahteraanya. “Kita melihat di sekitar venue banyak sekali UMKM yang memperlihatkan usaha perempuan dari kain sasirangan maupun produk makanan. Kita pasti bantu untuk mendorong ekonominya,” ucapnya. 

Disisi lain, W20 Presidensi Indonesia ingin mendorong komitmen para pemimpin negara/pemerintahan untuk menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai pusat diskusi global terkait pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Selain itu juga butuh komitmen untuk mengurangi diskriminasi terhadap perempuan untuk berpartipasi aktif dalam pemulihan masa pandemi Covid-19.(jejakrekam) 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.