H Deni: Tanah Bumbu Siapkan SDM Penunjang Pembangunan ITUM

0

INSTALASI Tangki Ukur Mobil (ITUM) bakal dibangun di Tanah Bumbu. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu H Deny Harianto.

MENURUT H Deni, ITUM yang akan dibangun tentu harus ada dukungan. Maka dari itu, DKUMP2 Tanah Bumbu melaksanakan koordinasi ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetroligian (PPSDK) di Kota Cimahi, Jawa Barat.

“Sebelum dibangun, kita siapkan dulu SDM sebagai penunjang terlaksana kegiatan itu kedepannya,” kata H Deny, Rabu (9/3/2022).

Koordinasi ke PPSDK tersebut mendaftarkan petugas DKUMP2 Tanah Bumbu urusan kemetrologian mengikuti pelatihan, untuk menunjang kinerja petugas pelaksanaan tugas kemetrologian. Seperti pelatihan Petugas Penera TUM, Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, dan Petugas Pengawas Mass LPG agar mendapatkan prioritas dalam penjaringan pelatihan oleh PPSDK.

BACA: Dinas DKUMP2 Tanbu Gali PAD Dengan Metrologi Legal

“Nah, dengan adanya petugas yang sesuai sertifikasi keahlian tersebut, Dinas KUMP2 mendapat dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022, sehingga pelaksanaan Tera TUM sudah bisa dilaksanakan sendiri pada tahun 2023,” ujarnya.

Keberadaan Instalasi TUM tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yang signifikan dari sumber kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP, maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Retribusi Kemetroligian juga akan meningkat,” imbuhnya.

Selain kunjungan kerja ke PPSDK, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Direktorat Metrologi di Bandung, dalam rangka pengambilan alat pengujian standar yang telah dikalibrasi untuk digunakan oleh Petugas Penera Berhak dalam melakukan Peneraan pada Alat UTTP yang digunakan oleh para pengusaha perdagangan di Tanah Bumbu dalam bertransaksi.

Dan juga menindaklanjuti peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, serta untuk melakukan Peneraan pada Peralatan Penguji UTTP yang ada di Laboratorium Kemetrologian pada UML Dinas KUMP2 sendiri.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.