SD Alam Al Tamar Pelajari Proses Pengolahan Karet

0

BELAJAR bersama alam dilakukan Kelas 3 SD Alam Al Tamar dalam tema Karet. Mendalami tema ini, siswa-siswi diajak bukan hanya mengenal potensi lokalnya, namun juga mengetahui bagaimana proses pengolahan karet itu sendiri.

DALAM pembelajaran di luar ruangan ini, siswa-siswi di Kelas 3 menjalani rangkaian pembelajaran menarik dengan mengunjungi Pabrik Karet Perusahaan Crumb Rubber PT. Bumi Jaya – CRF Tanjung, Tabalong, Kamis (1/2/2024).

Para siswa-siswi belajar learning by maestro, dan sebelumnya mereka sudah dikenalkan langsung tentang bagaimana budidaya hingga praktik menoreh karet di kebun masyarakat sekitar sekolah, kini mereka melangkah lebih jauh ke pabrik karet di kabupaten tetangga untuk belajar pengolahan karet.

BACA : Yayasan Al-Tamar Balangan Berikan Santunan untuk Anak Yatim Piatu

Marsudin, HRD Head langsung menyambut baik permohonan kunjungan edukasi Kelas 3 SD Alam Al Tamar yang jatuh pada hari ini, Kamis (1/2/2024) tepatnya pukul 09.30 s/d 11.00 WITA.

Dibimbing Tim EHS (Environment, Health and Safety) PT. Bumi Jaya yang dipimpin oleh Tri Wahyudi, anak-anak diajak berkeliling area pabrik setelah sebelumnya diberi pengarahan terkait keselamatan di area pabrik. “Pabrik ini telah berdiri sejak tahun 2007,” ungkap Wahyudi.

BACA JUGA : Yayasan Al Tamar Balangan Bersama Bank Kalsel Berikan Bantuan APD Ke Puskesmas

Selain melihat secara langsung proses pengolahan karet di pabrik dari awal didatangkan hingga siap untuk dipasarkan, anak-anak juga diberi kesempatan untuk melakukan wawancara sembari berkeliling.

Wawancara ini menjadi sesi belajar interaktif yang dilakukan oleh 15 orang anak di Kelas 3 selama kunjungan. Adapun daftar pertanyaannya telah disiapkan dari beberapa hari sebelumnya di sekolah.

Pertanyaannya pun juga beragam berdasarkan rasa ingin tahu mereka dengan dibimbing fasilitatornya. Setiap anak menyiapkan sekurang-kurangnya 4 pertanyaan yang ingin diketahui, bahkan pertanyaan menjadi berkembang setelah turun langsung ke lokasi pabrik.

“Terima kasih atas ilmu dan pengalamannya, Bapak!” ucap serentak anak-anak, dipimpin oleh Captain Class, Faza Maulana El Fadzly menutup kegiatan kunjungan edukasi tersebut.(jejakrekam)

Penulis Riza/Infopublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.