Modal Bank Kalsel Ditambah Rp 3 Triliun, Komisi II DPRD Kalsel Puji Pemkab Tanah Laut Ikut Andil

0

KOMISI II DPRD Kalsel terus berupaya mendorong pemerintah kabupaten/kota agar komitmen bersama atas penambahan penyertaan modal bagi Bank Kalsel senilai Rp 3 triliun bisa terealiasi pada tahun 2024 mendatang.

KARENA itu dewan Kalsel pun tak henti turut melakukan lobi-lobi melalui kunjungan kerja baik ke sejumlah daerah, dan juga cabang-cabang bank Kalsel yang ada guna memastikan kesiapannya.

“Beberapa waktu lalu kami melakukan kunjungan ke Bank Kalsel Pelaihari. Selain monitoring kinerja, juga memastikan sejauhmana progress kesiapan penambahan modal berjalan,” ujar anggota Komisi II DPRD Kalsel, Aris Gunawan, di Banjarmasin, Jumat (4/3/2022).

BACA : Bank Kalsel Gelar RUPS Tahunan Tahun Buku 2021 dan RUPS LB 2022

Ternyata lanjut Aris, progres kesiapan Pemkab Tanah Laut, sudah pada tahap penggodokan rancangan peraturan daerah (Raperda) ditingkat panitia khusus (Pansus) DPRD kabupeten setempat. Informasi tersebut, kata politisi Partai Gerindra ini berdasarkan papaparan Kepala Bank Kalsel Cabang Pelaihari.

“Kami bersyukur sudah masuk tahapan itu. Sementara di tingkat provinsi Komisi II juga tengah mempersiapkan raperdanya, jadi diharapkan Bulan Maret ini semua bisa rampung dan lanjut ketahap realisasi,” sebut Aris Gunawan.

Sebelumnya, Kepala Bank Kalsel Cabang Pelaihar, Muhammad Hanafiah menjelaskan bahwa saat ini posisi progress penambahan penyertaan modal dari Pemkab Tanah  sudah di Pansus DPRD setempat, dan sedang berjalan.

“Kita harapkan dalam waktu dekat alokasi anggaran terhadap penyertaan modal itu dapat segera direalisasikan melalui perda yang teleh disepakati,” jelas M Hanafiah.

Seperti diketahui, sesuai POJK, pada tahun 2024 mendatang, Bank Kalsel wajib memenuhi Modal Inti Minimum (MIM) sebesar Rp 3 triliun. Sedang per Desember 202,  Bank kalsel berhasil mencatat MIM sebesar Rp1,99 Triliun. Sehingga kekurangan tersebut akan ditopang oleh 13 kabupaten/ kota dan pemerintah provinsi setempat.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.