Dipertandingkan 32 Kelas, 300 Karateka Berlaga di Kejurda Karate Shoto-Kai di Aula Korem Antasari

0

KEJUARAAN Daerah (Kejurda) Karate Shoto-Kai se-Kalimantan Selatan yang diikuti 300 karateka usia dini dan remaja di Aula Korem 101/Banjarmasin, Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Sabtu (5/3/2022) dibuka resmi.

SEBANYAK 300 karateka mengikuti even kejurda selama dua hari sejak Sabtu (5/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022) dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Sebelum laga dimulai, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudy Puruwito dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohammad Agung Budijono disematkan sabuk hitam (Dan IV) oleh Ketua Umum Shoto-Kai, Hidayuturrahman.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin ini berharap Kejurda Karate Shoto-Kai ini bisa melahirkan bibit baru, sehingga regenerasi karateka di Banua terus berlangsung. “Sebab, cabang olahraga karate ini bisa menempa anak-anak kita atau generasi milenial yang tangguh,” ucap Paman Birin.

BACA : Juara Umum Karate Popda Kalsel, Ketua FORKI Banjarmasin : Atlet Dipersiapkan Menuju Porprov 2022

Selama kejurda, Paman Birin menitip pesan agar bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas. “Sebab, esensi pembelajaran dari olahraga itu adalah sportif, jujur dan sanggup mengendalikan,” katanya.

Ketua Panitia Kejurda Karate Shoto-Kai, Rudy D Siswanto mengatakan tujuan dari kejurda ini juga mengasah bakat atlet apalagi nanti jelang Kejurnas 2022 di Lampung pada Juni mendatang. “Dalam Kejurda Karate Shoto-Kai ini diikuti 300 karateka dari 8 kontingen dan dipandu 8 wasit yang sudah bersertifikat daerah dan nasional,” kata Rudy.

BACA JUGA : Usai Karate, Paman Birin Ingin Pesilat Kalsel Pecahkan Rekor MURI

Menurut dia, karena masih pandemi Covid-19, jumlah peserta dibatasi hanya 300 orang untuk 32 kelas yang dipertandingkan. Dari kategori usia 6 tahun (kelas usia dini) hingga kelas remaja usia 16 tahun.

Harapan itu juga disuarakan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohammad Agung Budiono agar lewat even semacam itu bisa melahirkan bibit-bibit karateka muda Banua. “Saya minta agar para atlet karate telah giat berlatih dan mengasah kemampuan. Ini demi melahirkan generasi atlet berprestasi baik berskala nasional hingga internasional,” ucap Wakapolda Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.