Secara Historis Impian Jembatan Sei Jingah Lama Ada, Zainal Hakim : Walikota Ibnu Sina Bisa Prioritaskan!

0

IMPIAN warga Sungai Jingah, Banjarmasin Utara akan bisa menyeberang ke Pengambangan, Sungai Bilu, Seberang Masjid atau Kampung Melayu melalui jembatan sudah lama terpatri.

SECARA historis, keinginan warga Sungai Jingah memiliki jembatan ke seberang membentang di atas Sungai Martapura sudah lama sekali. Bahkan, sejak saya kecil dan bermukim di Sungai Jingah, rencana itu sudah lama ada,” kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Banjarmasin dari Fraksi PKB, Zainal Hakim dalam diskusi santai Menakar Urgensi Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu versus Jembatan Pramuka-Sungai Gampa di Taher Square, Banjarmasin, Jumat (25/2/2022) malam.

Keinginan itu pun ditegaskan Zainal Hakim justru telah mengakar di tengah masyarakat Sungai Jingah. Namun, silih berganti pemimpin kota dan Provinsi Kalsel ternyata rencana itu justru hanya ada di atas kertas atau sekadar pernyataan pejabat publik.

BACA : Menakar Urgensi Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Vs Jembatan Pramuka-Sei Gampa

“Boleh dibilang sudah berpuluh-puluh tahun warga Sungai Jingah berharap punya jembatan yang bisa menghubungkan mereka ke Sungai Bilu, Pengambangan atau kampung di seberangnya,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin.

Mantan Sekretaris DPC PKB Banjarmasin ini mengakui PKB merupakan parpol pengusung Ibnu Sina-Arifin Noor dalam Pilwali Banjarmasin 2020 lalu, tentu berharap impian warga itu bisa diwujudkan sang penerima mandat.

“Oke, misalkan tidak masuk dalam visi-misi Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Arifin Noor pada periode kedua ini. Tapi toh, justru masih dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin,” tegas Zainal.

BACA JUGA : Dilengkapi Studi Kelayakan-DED, Rencana Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Bisa Diajukan Lagi

Sarjana teknik lulusan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini menegaskan dari aspek historis serta aspirasi warga yang sudah lama, jauh lebih urgen dibanding rencana pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa.

“Makanya, kami meminta agar rencana pembangunan Jembatan Sei Jingah ini harus masuk dalam skala prioritas pemerintahan Ibnu Sina-Arifin Noor. Ini demi mewujudkan impian warga Sungai Jingah yang sudah lama ada,” papar Zainal Hakim.

BACA JUGA : Hanya Getek, Komentar Warga : Rencana Jembatan Sei Jingah Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Daud!

Dalam pengamatannya, justru untuk nilai pembebasan lahan baik di bagian Kelurahan Jingah maupun di seberangnya, apakah di Sungai Bilu, Pengambangan, Seberang Masjid maupun Kampung Melayu lebih murah dibanding Jembatan Pramuka-Sungai Gampa.

“Apalagi, keberadaan Jembatan Sei Jingah itu justru bisa mengembangkan kawasan utara dan timur Banjarmasin. Bandingkan dengan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang tembus ke Kecamatan Alalak, Batola itu sepatutnya urusan Pemprov Kalsel, karena besarnya anggaran serta melibatkan Pemkab Batola,” papar Zainal Hakim.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.