Desa Bintang Kurung Usulkan Penerangan Listrik PLN hingga Perbaikan Siring Jalan

0

KEPALA Desa Bintang Kurung, Suriansyah meminta agar desanya segera diterangi aliran listrik PLN. Hal ini menjadi impian warga desa sejak lama.

USULAN ini mengemuka dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2022 Kabupaten Barito Selatan berlangsung di Desa Bintang Kurung, Kecamatan Karau Kuala, Jumat (18/2/2022).

“Kepada Pemkab Barito Selatan dan perwakilan DPRD, kami meminta tujuh usulan. Tiga usulan merupakan usulan lama yang sudah diimpikan warga Desa Bintang Kurung,” ucap Suriansyah.

Di antaranya, warga jaringan penerapan listrik PLN bisa terwujud pada tahun anggaran 2022/2023, perbaikan Jembatan Sura Panji hingga siring jalan desa yang bisa diakomodir dalam Musrenbang Kabupaten Barito Selatan.

“Saat ini, kondisi siring jalan desa sudah tidak layak lagi. Karena, siring ini terbuat dari kayu ulin merupakan pekerjaan tahun 2002,” kata Suriansyah.

BACA : Reduksi Banjir di Kalsel, Gubernur dan 6 Bupati/Walikota Teken MoU Pengamanan DAS Barito

Menurut dia,  saat ini, siring jalan desa telah kebanyakan lapuk dimakan usia, bahkan tak lagi mampu menahan beban badan jalan. “Usulan ini kami sampaikan dalam Musrebangdes tahun ini. Semoga saja terealisasi pada 2023 nanti,” kata Suriansyah.

Asisten III Administrasi Umum Setdakab Barito Selatan Mirwansyah memastikan pemerintah daerah akan berupaya maksimal menyerap aspirasi warga. “Mengenai usulan yang masuk skala prioritas di Desa Bintang Kurung, tentu saja diharapkan bisa terealisasi pada 2023,” ucapnya.

BACA JUGA : Belajar PAD Angkutan Tambang dan Kebun, Komisi III DPRD HSS Kaji Banding ke Barito Utara

Senada itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barsel, Selviriyatmi mengatakan usulan skala prioritas dari desa akan terus dikawal hingga ke tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Tentu saja, DPRD Barito Selatan juga mengawal usulan dari warga dalam kegiatan musrenbangdes. Ini menjadi komitmen bersama, jangan sampai gagal,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Digdo
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.