Kini Tanah Bumbu Miliki Museum

0

BUPATI Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar meresmikan penggunaan Gedung Museum Tanah Bumbu di Jalan 7 Februari Kota Pagatan, pada Rabu (16/2/2022). Peresmian ditandai dengan pembacaan doa selamat, pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Bupati HM Zairullah Azhar.

KEPALA Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Tanbu Hamaluddin Taher, museum itu akan menjadi tempat mengumpulkan bukti sejarah Tanah Bumbu. Sebab itu, Ia berharap bantuan dari semua pihak terkait keberadaan barang-barang yang memiliki nilai sejarah bagi Tanah Bumbu untuk dapat ditampilkan di museum itu nanti. “Ya, gedung itu akan digunakan sebagai kantor sekretariat dari Lembaga Adat Ade Ogi,” ucapnya.

BACA: Pemkab Tanbu Peringati Hari Pahlawan 7 Pebruari Pagatan

Bupati HM Zairullah Azhar menyebutkan, selain gedung menjadi museum yang memajang benda bersejarah namun juga sebagai pusat kegiatan budaya. “Sebagai sebuah bangsa, daerah atau wilayah, nilai budaya yang dipegang teguh menjadi sebuah ciri dalam menampilkan sebuah peradaban,” ujarnya.

Menurut Zairullah, Tanah Bumbu patut bersyukur memiliki lembaga adat yang bukan sekedar melestarikan budaya namun mampu mengejawantahkan nilai-nilai budaya yang diwariskan, nilai integritas dan kepercayaan hingga tercermin dalam aspek kehidupan. “Saya meminta untuk menjaga nilai-nilai tersebut dan berkomitmen menjaga peninggalan sejarah sebagai momentum perjalanan daerah dari semenjak lahirnya Tanah Bumbu sampai masa yang akan dating,” harapnya.

Turut berhadir dalam peresmian gedung tersebut, yakni Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, para Kepala SKPD, Komite perencanaan percepatan pembangunan dan Lembaga Adat Ade Ogi. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.