Pemkab Tanbu Peringati Hari Pahlawan 7 Pebruari Pagatan

0

PADA 7 Februari dijadikan hari bersejarah dalam perjalanan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.  Alasannya pada 76 tahun silam, tepat di tahun 1946 terjadi pertempuran mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Pagatan.

PERJUANGAN masyarakat Pagatan menjaga kedaulatan wilayahnya dari penjajah kal itu sampai merenggut 38 jiwa yang gugur dalam pertempuran, hingga akhirnya diperingati sebagai Hari Pahlawan 7 Februari.

Senin, 7 Pebruari 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) kembali melaksanakan peringatan tersebut dan diisi dengan berbagai kegiatan. Diawali tabur bunga oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bersama unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan pejabat SKPD, serta lainnya di Makam Pahlawan Mattone Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir.

Kemudian silaturahmi Bupati HM Zairullah Azhar dan peserta tabur bunga dengan ahli waris dan keluarga Pahlawan Pagatan di Gedung 7 Februari Kecamatan Kusan Hilir. Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kaswan selaku Ketua Panlak melaporkan, kegiatan mengenang semangat perjuangan Pahlawan 7 Februari bersama dengan ahli waris, keluarga dan para pejuang veteran.

BACA: Bupati Zairullah Azhar Bersama Forkopimda Ikuti Rakor Penangan Covid-19 se Kalsel

Kaswan berharap, semangat perjuangan para Pahlawan 7 Februari yang telah gugur akan menjadi pengingat dan penyemangat, supaya semua dapat mengisi pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengawali sambutannya mengajak para undangan yang hadir untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan dari Pahlawan 7 Februari dengan bersholawat seraya memanjatkan doa bagi arwah para pahlawan. “Mudah-mudahan arwah para pahlawan diterima Allah SWT disisi-Nya dan kuburnya menjadi taman-taman surga. Kita semua dapat melanjutkan dan melaksanakan apa yang menjadi visi dan misi perjuangan para pahlawan,” ucap Zairullah.

Zairullah meminta terus menanamkan semangat membara dari peristiwa yang menggetarkan. Bagaimana mereka dengan segala keterbatasannya, tanpa rasa takut maju berperang dengan keinginan untuk memerdekakan bangsa.

“Dengan semangat inilah, kita hari ini semakin termotivasi dan terdorong untuk kemudian membangun Kabupaten Tanah Bumbu yang kita cintai bersama. Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah, betapa banyak nikmat dan hidayah yang kita terima. Apa yang kita perjuangkan diijabah Allah SWT,” ungkapnya.

Menurutnya, saat sekarang kita harus bersyukur dengan perjuangan yang sedang dilakukan dan menjadi amanah perjuangan Pahlawan 7 Februari di persada sana untuk melanjutkannya. “Menangkap makna perjuangan dan semangat mereka dan terus berkomitmen melanjutkan apa yang telah dicontoh mereka dengan optimisme dalam membangun Bumi Bersujud menuju Serambi Madinah,” paparnya.

Usai sambutan, Bupati HM Zairullah Azhar menyerahkan bingkisan kepada ahli waris dan keluarga Pahlawan 7 Februari. Peringatan kali ini juga diisi pemeriksaan kesehatan gratis, vaksinasi dan donor darah. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.