Harga Bawang Tergerek, Permintaan Komoditas Bumbu Dapur di Bulan Rajab Meningkat

0

MEMASUKI bulan Rajab dalam kalender Hijriyah yang ditandainya dengan maraknya tradisi peringatan Isra Miraj di kalangan masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, turut memicu kenaikan harga bumbu dapur.

KENAIKAN harga ini terjadi karena adanya permintaan bahan bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah turut meningkat.

Di Pasar Harum Manis, Pasar Baru dan Pasar Sentra Antasari di Banjarmasin, rata-rata harga bawang merah dijual para pedagang Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan, bawang putih Rp 25 ribu per kilogram.

semua orang dan anggap sebagai keperluan sehari-hari terutama untuk penyedap makanan. Diantaranya yang paling banyak digunakan adalah bawang merah,bawang putih, dan bumbu dapur lainnya.

“Ada kenaikan harga bawang merah dan putih sekitar Rp 1.000 per kilogram. Untuk stok dua bahan bumbu dapur ini masih stabil, karena didatangkan dari daerah penghasil ke Banjarmasin,” ucap H Basuni, pedagang bumbu dapur di Pasar Harum kepada jejakrekam.com, Rabu (16/2/2022).

BACA : Masuk Musim Panen, Harga Bawang di Pasar Harum Manis dan Sentra Antasari Stabil

Menurut dia, jika sebelum bawang merah dijual seharga Rp 34 ribu dan bawang putih Rp 24 ribu per kilogram.

“Kebanyakan bawang merah ini didatangkan dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Memang, ada peningkatan omzet penjualan karena di Kalsel saat ini memasuki bulan Rajab, yang kebanyakan pembelian bumbu dapur untuk keperluan peringatan Isra Mi’raj,” kata H Basuni.

Meski belum memasuki masa panen di daerah penghasil bawang, Basuni mengatakan stok kedua komoditas ini masih bisa memenuhi permintaan masyarakat.

Sementara itu, Mustakim, pedagang bawang merah dan putih di Pasar Sentra Antasari juga mengakui hal serupa. Menurut dia, untuk harga eceran bawang merah bisa tembus Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan, bawang putih masih di kisaran harga Rp 20 ribu per kilogram.

BACA JUGA : HGB Pasar Harum Manis Digodok Pemkot, DPRD Banjarmasin Minta Jangan Bebani Pedagang

“Kenaikan harga bawang merah dan putih ini bisa lazim apalagi saat bulan Rajab. Terkecuali, daerah penghasil lagi panen raya, harga bawang merah dan putih akan turun dengan sendirinya, karena stok di pasaran melimpah,” kata Mustakim.

Sugianoor, pedagang bumbu dapur di Pasar Sentra Antasari mengakui ada peningkatan angka penjualan untuk bawang merah dan putih. Bahkan, kedua komoditas ini juga dibeli para pedagang dari luar Banjarmasin.

“Ya, kebanyakan yang beli para pedagang dari Kuala Kapuas, Palangka Raya, Banjarbaru dan Barabai. Mereka membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali ke pasar di kota tersebut,” pungkas Sugianoor.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.