Dipimpin Uskup Boddeng Timang, Misa Natal 2021 di Gereja Katedral Banjarmasin Berlangsung Khidmat

0

PERAYAAN ekaristi Natal 2021 di Gereja Katolik Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin berlangsung khidmat, Jumat (24/12/2021) malam.

MISA Natal 2021 di Gereja Batu-begitu warga Banjarmasin menyebut di Jalan Lambung Mangkurat, pusat ibukota Kalimantan Selatan berlangsung dalam dua gelombang. Peribatan untuk memperingati detik-detik kelahiran Yesus Kristus ini dihadiri ratusan jemaat.

Peribadatan Misa Natal 2021 yang diisi ritus pembuka, liturgi sabda, liturgi ekaristi dan ritus penutup langsung dipimpin Uskup Sufragan Banjarmasin, Mgr Dr Petrus Boddeng Timang.

Misa pertama pada Jumat (24/12/2021) sore diikuti sekitar 800 jemaat. Berlanjut pada misa Jumat (24/12/2021) atau malam Natal dihadiri sekitar 500 jemaat. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan ibadat Natal di gereja itu tidak menimbulkan kerumuman, sehingga kursi jemaat pun didesain berjarak.

BACA : Gereja di Banjarmasin Disterilkan, Polda Kalsel Kerahkan Sepertiga Kekuataan Amankan Natal

Dalam pesan Natal 2021, Uskup Petrus Boddeng Timang mengingatkan agar umat Kristiani menjadi menusia yang taat dan beriman. Ini agar Indonesia segera terhindar dari segala macam musibah dan bahaya, khususnya bencana alam.

Prosesi Natal 2021 di Gereja Katedral Banjarmasin yang berlangsung dengan protokol kesehatan ketat. (Foto Asyikin)

Wakil Ketua II DPP Paroki Kadetral Banjarmasin Adrian Darmawan mengatakan pelaksanaan Misa Natal 2021 ini berlangsung aman dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Kami berharap semua jemaat saling menjaga. Apalagi, kebanyakan jemaat di Gereja Katedral Banjarmasin ini sudah disuntik vaksin. Kisarannya sekitar 95 persen sudah mengikuti vaksinasi, terkecuali anak-anak,” ucap Adrian Darmawan.

Dia menjelaskan Misa Natal yang berlangsung Misa Tahun Baru 2022 terbuka untuk umum di Gereja Katedral Banjarmasin. Adrian mengakui yang dikhawatirkan jika ada jemaat dari luar daerah, karena tidak diketahui apakah sudah divaksin Covid-19 atau tidak.

BACA JUGA : Suka Cita Natal, 58 Narapidana di Kalsel Diberi Remisi Khusus

Sebelum jemaat memasuki Gereja Katedral Banjarmasin, diminta untuk cuci tangan dan pengecekan suhu oleh petugas di depan pintu gerbang. Jemaat juga diwajibkan mengenakan masker.

“Tema Natal 2021 tahun ini berdasar kesepakatan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Kantor Waligereja Indonesia (KWI) adalah Cinta Kasih yang Menggerakkan Persaudaran,” tutur Adrian.

Dia mengajak seluruh jemaat khususnya umat Kristiani untuk tetap menjaga hubungan baik dengan siapa saja. Sebab, menurut dia, pesan Natal 2021 adalah Cinta Kasih yang Menggerakkan Persaudaran sehingga seluruh warga Indonesia, khususnya di Banjarmasin merupakan saudara.

“Kita semua tetap satu saudara, sehingga kita bisa saling toleransi satu sama lain dan hubungan relasi antara agama terjalin dengan baik,” ucap Adrian.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.