Luncurkan Produk Kopi Amil, Baznas Kalsel Promosikan Ngopi Sambil Berdonasi

0

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan resmi meluncurkan produk Kopi Amil pada Selasa (21/12/2021) lalu.

KEPALA Bagian Pengumpulan Ritel Baznas Kalimantan Selatan, Muhammad Adi Riswan Al Mubarak mengungkapkan sudah lama program  Kopi Almi itu diusung, namun baru kini resmi diluncurkan lewat akun instagramnya @kopi.amil.

“Sebenarnya program ini sudah pernah kami lakukan di tahun 2019 dan 2020 lalu di even panahan se-Kalimantan, saat diadakan di Banjarmasin dan Banjarbaru. Setelah pandemi, program ini sempat terhenti. Waktu itu kami kerja sama dengan salah satu kedai kopi yang mulai berkembang di Banjarmasin,” cerita Adi Ram kepada jejakrekam.com, Sabtu (25/12/2021).

Kata Adi Ram, saat ini menjamur kedai kopi di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Artinya, menurut dia, minat masyarakat kita ke kopi sangat meningkat, mulai kedai pinggiran dengan tempat seadanya sampai kafe-kafe dengan harga yang juga variatif.

“Melihat fenomena ini, kami tertarik menjadikan kopi sebagai media promosi dakwah dengan ajakan donasi. Terlebih, kopi saat ini diminati oleh para pemuda milenial,” ujarnya.

BACA : Ada Kedai Kopi, Bandarmasih Tempo Doeloe di Jalan Istana Pos Diresmikan Walikota Ibnu Sina

Di era sekarang, Adi Ram ingin selalu mengikuti perkembangan zaman yang kian maju. Bahkan, dirinya tidak ingin ketinggalan dalam pendekatan untuk berdakwah lewat produk kekinian.

“Kali ini, kami malah punya brand sendiri yaitu Kopi Amil. Ini merupakan patungan kami sebagai amil di BaznasProvinsi Kalimantan Selatan, bukan profit yang kami kejar tapi kerelaan penuh keikhlasan masyarakat dalam mendonasikan sebagian hartanya untuk kegiatan Baznas Kalimantan Selantan,” tutur pria kelahiran 1983 itu.

Adi Ram mengatakan pihaknya ingin menggugah generasi muda saat ini untuk saling membantu sesama. Bahkan, menurut dia, seluruh keuntungan pihaknya gunakan untuk program sosial dan kemanusiaan. “Selama kembali modal, akan kami modalkan lagi untuk bikin kopi, begitu seterusnya,” kata Adi Ram.

Produk kopi andalan Baznas Provinsi Kalsel yang telah dipasarkan melalui media sosial. (Foto Istimewa)

BACA JUGA : Kopi Meratus Diluncurkan di HST, Diwacanakan 4 Varietas Masuk Rekor MURI

Sementara ini, pihaknya hanya membuka stan di dua tempat yaitu di kantor Baznas Provinsi Kalimantan Selatan dan halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Walaupun, kata Adi Ram, ada yang meminta pihaknya untuk membuka stan di Banjarbaru namun hal itu masih dalam proses pertimbangan atau dikaji.

“Karena baru kami mulai sepekan, penjualan baru 40 botol. Sasaran kami adalah masyarakat umum dan tentunya anak muda yang gemar kopi. Seperti saya sebutkan tadi, donasi dari hasil jualan kopi ini untuk program kemanusiaan, sosial dan dakwah,” tegasnya.

Adi Ram membeberkan, baru dua varian rasa yang dihasilkan yaitu kopi susu gula aren dan kopi susu caramel. Ke depan, pihak Baznas Kalsel mengembangkan lagi dengan varian rasa terbaru.

BACA JUGA : Luncurkan Program Bakti Banua, Baznas Kalsel : Demi Jaga Alim Ulama dan Anak Yatim

“Saat ini kita baru rilis dua varian. Kopi susu gula aren dan kopi susu karamel, ke depan kami akan rilis varian lain. Uniknya, pembeli kopi ini ketika ada kembalian langsung dijadikan tambahan donasi lagi,” ungkapnya.

Masih kata Adi Ram, pihaknya mengajak dan menerima kerjasama masyarakat yang ingin menjadikan usaha atau jualannya sebagai bagian dari donasi di Baznas Provinsi Kalimantan Selatan. Tentunya, pihaknya juga akan mempromosikannya melalui media resmi lembaganya.

BACA JUGA : Wakil Walikota Arifin Noor Minta Baznas Beli Tanah untuk Bangun Rumah Dhuafa

Adanya Kopi Amil, Adi Ram berharap melalui media itu tersebar dakwah untuk saling membantu sesama walau awalnya hanya membeli secangkir kopi.

“Kami ingin sekali apa yang kami lakukan ini ditiru oleh kedai maupun kafe lainnya. Ini agar setiap pembelian kopi juga ada donasi di dalamnya. Kami yakin usaha kopinya tambah berkah,” tandas Adi Ram.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.