Gereja di Banjarmasin Disterilkan, Polda Kalsel Kerahkan Sepertiga Kekuataan Amankan Natal

0

TIM Gegana Brimob bersama Unit K-9 Direktorat Samapta Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin, dipimpin Kompol Susilo melakukan sterilisasi gereja di Kota Banjarmasin, Jumat (24/12/2021).

LANGKAH ini diambil polisi untuk memberi rasa aman dari ancaman bom menjelang ibadah dan perayaan Natal tahun 2021.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto melalui Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa’i, mengatakan pengamanan perayaan Natal ini berbeda dari perayaan sebelumnya.

“Perayaan Natal kali ini untuk pengamanannya juga diiringi dengan perlakuan standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat,” ucap Rifa’i kepada awak media, Jumat (24/12/2021).

Menurut dia, hal bisa dilakukan adalah sterilisasi penyisiran ke sejumlah sudut ruangan, baik di altar gereja, tempat duduk jemaat dan sekitarnya. Pengecekan detail ini melibatkan anggota Gegana Brimob dan Unit K9 Ditsamapta.

BACA : Pandemi Corona, Pedagang Pernak-pernik Natal di Banjarmasin Alami Pasang Surut Penjualan

Ia menegaskan dari pengecekan akhir persiapan pengamanan ibadah dan perayaan Natal ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dalam memberikan rasa aman selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

“Perayaan Natal tentunya sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dari pelanggaran prokes Covid-19. Makanya, penerapan prokes menjadi target utama dalam pengamanan kali ini,” papar perwira senior Polda Kalsel ini.

Deteksi logam dan anjing pelacak diturunkan Polda Kalsel saat melaksanakan sterilisasi di Gereja Katolik Santa Maria Banjarmasin. (Foto Iman Satria)

Dikatakan Kabid Humas, kegiatan preemtif dan preventif secara umum sudah dilaksanakan, di antaranya penerapan prokes yang wajib dilakukan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : Jelang Nataru, Kapolda Kalsel Sebut Potensi Terorisme Masih Ada

Selain sterilisasi benda-benda berbahaya dan bom, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfentan. Ini mengingat perayaan Natal tahun 2021 ini masih berada di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Sterilisasi ini dilakukan guna memastikan tempat yang dihadiri umat Kristen dan Katolik yang hendak melaksanakan peribadatan tetap aman,” ucap Rifa’i.

Lebih lanjut Rifa’i menegaskan sebanyak sepertiga personel Polda Kalsel telah disiapkan dalam mengondusifkan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Selain sterilisasi terhadap ancaman berbahaya, pihak kepolisian juga melakukan pemantauan baik secara mobile maupun melalui pos pengamanan.

BACA JUGA : Jelang Nataru, Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan BBM dan LPG di Kalsel

Adapun gereja di Banjarmasin yang disterilisasikan adalah Gereja Santa Maria, Jalan Rantauan Timur Banjarmasin Selatan. Berikutnya, Gereja Pantekosta Jalan Veteran Banjarmasin Tengah.

Kemudian, Gereja Katolik Hati Yesus Yang Maha Kudus Jalan Veteran Banjarmasin Tengah. Personel kepolisian juga menyisir Gereja HKBP Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin Tengah dan Gereja GKE Eppata Jalan DI Panjaitan Banjarmasin Tengah.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.