Husairi Abdi

Dilantik Muhaimin Iskandar, Aida Muslimah dan Novri Ompusungu Resmi Anggota DPR RI Wakili Kalsel

0

LIMA anggota pengganti antar waktu (PAW) dilantik Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (1/11/2021).

MEREKA yang dilantik berasal dari tiga PAW dari Fraksi PDI Perjuangan dan masing-masing satu dari Fraksi PKS dan Fraksi PAN. Sebagai pimpinan rapat paripurna DPR RI, Muhaimin Iskandar yang juga Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat DPR RI ini mengingatkan sumpah dan janji yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Lewat keputusan Presiden Joko Widodo bernomor 117, 119 dan 129/1 tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan antar waktu anggota DPR/MPR RI sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Lima politisi dari tiga fraksi itu adalah Harris Turino, Novri Ompusungu, dan Aida Muslimah dari Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian, Diah Nurwitasari dari Fraksi PKS, serta Paulus Umbrungge dari Fraksi PAN.

Khusus dua wakil rakyat asal Kalsel adalah Aida Muslimah merupakan PAW Syafruddin H Maming yang mundur karena ikut kontestasi Pilkada Tanah Bumbu 2020 lalu dari daerah pemilihan (dapil) Kalsel 2. Dari dapil yang sama, Novri Ompusungu menggantikan Sulaiman Umar yang mundur dari DPR RI.

BACA : Dilantik Awal November, Aida Muslimah dan Novri Ompusungsu Resmi PAW Cuncung dan Sulaiman Umar

Muhaimin berharap di sisa masa jabatan periode 2019-2024, lima anggota DPR RI yang baru saja dilantik itu bisa langsung terus memperkuat tugas-tugas konstitusi yang melekat dalam tubuh parlemen.

 “Tanggung jawab menjaga dan memelihara Pancasila dan UUD 1945. Sumpah, janji kepada Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara- saudara mengikuti lafal sumpah janji yang akan saya pandu,” ucap Ketua Umum DPP PKB ini.

HM Rosehan NB dan Aida Muslimah berfoto dalam ruang paripurna DPR RI usai prosesi pelantikan PAW di Jakarta. (Foto Istimewa)

Usai dilantik, Aida Muslimah mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani serta Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada kader-kader PDIP dan masyarakat Kalsel yang telah memilih kami di Pemilu 2019 lalu,” ucap Aida Muslimah yang merupakan istri mantan Wagub Kalsel HM Rosehan Noor Bachri.

BACA JUGA : Sudah Lama Mengundurkan Diri, PAW Syafruddin di DPR RI Masih Berproses

Ucapan senada juga dilontarkan Novri Ompusungu. Hingga baik Aida Muslimah dan Novri Ompusungu yang kini resmi menjadi anggota DPR RI mewakili Kalsel memohon doa dan dukungan agar bisa amanah dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di Senayan Jakarta.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel HM Rosehan Noor Bachri mengatakan dirinya bersyukur dengan dilantiknya dua anggota DPR RI asal dapil Kalsel 2, sehingga komposisi wakil rakyat Banua hasil Pemilu 2019 pun telah lengkap.

“Saya hanya bisa menyambungkan lidah karena selama ini rakyat Kalsel telah mendukung. Terkhusus ucapan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming,” ucap Rosehan kepada jejakrekam.com, Senin (1/11/2021).

BACA JUGA : PAW DPR RI Belum Terisi, Anang Rosadi Sebut PDIP Rugikan Kalsel

Kepada wakil rakyat di DPR RI, terkhusus yang baru dilantik pada Senin (1/11/2021) pagi di Jakarta, Rosehan pun berharap semua elemen khususnya yang duduk di lembaga perwakilan rakyat baik di DPR RI, DPRD Provinsi Kalsel hingga DPRD kabupaten dan kota se-Kalsel, bisa lebih bersinergi lagi.

“Ini demi pembangunan Kalimantan Selatan agar bisa lebih ditingkatkan lagi. Mohon dukungan dan doanya,” tandas Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.