Anggrek Bulan Balangan Memiliki Potensi untuk Dikembangkan

0

KETUA Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Klasel, Aida Muslimah Rosehan melantik 26 pengurus PAI DPC Kabupaten Balangan periode 2021-2026, di Aula Benteng Tundakan, Senin (25/10/2021).

PELANTIKAN ini turut dihadiri Bupati beserta Wakil Bupati Balangan, Kepala SKPD terkait, PAI DPC Kotabaru, serta jajaran dari PAI Provinsi Kalimantan Selatan.

Bupati Balangan Abdul Hadi menyampaikan kepada pengurus PAI DPC Balangan agar lebih bisa mengembangkan dan mempromosikan serta memperkenalkan tanaman anggrek lokal Balangan kepada masyarakat luas.

Ditemui usai pelantikan, Ketua PAI Provinsi Kalimantan Selatan Aida Muslimah Rosehan mengungkapkan apresiasi atas terbentuknya PAI DPC Balangan, yang nantinya harus ditindaklanjuti dengan implementasi perkembangan ke depan di Kabupaten Balangan.

Aida menyampaikan, dengan adanya PAI di Balangan kiranya bisa dijadikan sebagai pelindung bersama pemerintah daerah untuk membina masyarakat dan merangkul para pegiat agar anggrek lokal bisatetap terjaga.

BACA : Ada Anggrek Tebu dan Sendok, Kekayaan Plasma Nutfah Pegunungan Meratus

“Potensi anggrek di Balangan sangat luarbiasa dan kita sudah beberapa kali survei langsung ke habitatnya. Karena sudah terbentuk kepengurusannya sehingga bisa dikelola langsung untuk menjaga kelestarian Anggrek Bulan agar terpelihara dengan baik, serta tidak mudah untukorang datang mengambil dan menjualnya kembali,” tutup Aida.

Sementara itu, Ketua PAI DPC KabupatenBalangan, Sri Huriyati Hadi mengatakan, Kabupaten Balangan memiliki banyak jenis tanaman beragam salah satunya yaitu memiliki Anggrek Bulan lokal yang berasal dari Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

BACA JUGA : Desa Liyu Miliki Ribuan Anggrek Khas Kalimantan

Oleh karena itu, Sri Huriyati Hadi berharap dengan telah dilantiknya pengurus ini, tanaman anggrek lokal di Balangan dapat dikembangkan tidak hanya di rumah saja, tetapi bisa diciptakan sebagai areal wisata anggrek.

“Mudah-mudahan kita bisa lebihmembudidayakan anggrek di Balangan supaya bernilai ekonomis dan menambah PAD kita dengan menarik wisatawan untuk datang ke Balangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.