Bangkitkan Wisata Pasar Terapung, Angkasa Pura Sumbang 10 Jukung Banjar

0

PT ANGKASA Pura 1 (Persero) ambil bagian dalam pengembangan wisata berbasis sungai di Banjarmasin. Perusahaan pelat merah ini menyumbang 10 unit jukung untuk digunakan para pedagang pasar terapung di Siring Tendean.

GENERAL Manager PT Angkasa Pura 1, Donny Subardono menyerahkan langsung 10 unit jukung kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa (26/10/2021).

Atraksi budaya seperti tarian dan konvoi jukung di atas Sungai Martapura pun menghiasi penyerahan bantuan dalam skema tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Angkasa Pura 1.

Jukung khas Banjar ini langsung diserahkan kepada para acil-acil pasar terapung yang selama ini beraktivitas di kawasan Pasar Terapung Banjarmasin asal Lok Baitan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

BACA : Terancam Digusur, Bantaran Sungai Kuin Bakal Dibangun Dermaga Pasar Terapung?

Total bantuan senilai Rp 70 juta dari pengelola Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin diteruskan ke UPTD Kawasan Siring Kota di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Banjarmasin. Penyerahan dana CSR ini juga disaksikan Plh Sekdakot Banjarmasin, Sugito Said dan Kepala Disbudpar Ikhsan Alhaq.

Bagi Walikota Ibnu Sina, keberadaan 10 unit jukung sangat bermakna bagi pelaku wisata pasar terapung. Ia memastikan moda transportasi dan dagang para acil itu akan ditempatkan di Dermaga Apung Pasar Terapung.

“Nanti, setiap saat bisa dipakai oleh para pengunjung jika ingin berfoto. Jadi, acil-acil tidak harus menunggu datang,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Senja Kala Pasar Terapung Kuin dalam Memori Tersisa Mendiang ‘Acil RCTI Oke’

Menurut dia, jukung yang dicat warna-warni bisa jadi objek foto menarik bagi para pengunjung. Satu pesan Ibnu adalah jukung-jukung bisa dijaga.

“Bantuan dari Angkasa Pura ini makin memotivasi bagi pemerintah kota untuk menggeliatkan sektor pariwisata di Banjarmasin. Ini masuk dalam program pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.