Potensi Daerah di Balangan Bisa Dikembangkan Melalui Bumdes

0

PENGGALIAN dan pengembangan potensi daerah menjadi salah satu tugas dari bidang Penelitian dan Pengembangan Daerah yang kini bergabung dengan Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

KABID Litbang dan inovasi Riky Herdianto mengatakan, sebagai wilayah yang mempunyai beragam geografis serta beragam budaya sosial Balangan tentu mempunyai banyak sekali kekayaan sumber daya alam maupun manusianya yang berpotensi dikembangkan.

Sebagai daerah relatif masih muda dan perkembangannya juga belum maksimal, menurut Riky, tentu pengembangan daerah masih terbuka lebar.

Atas kondisi inilah, pihaknya menurut Riky, mempunyai tugas berat untuk pengembangan daerah ke depan.

“Kami di bidang litbang dan inovasi bertugas terkait melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang penelitian dan pengembangan serta daerah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menjadi fasilitasi dan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang penelitian, pengembangan dan inovasi daerah termasuk perumusan kebijakan operasional, pembinaan, fasilitasi, pelaksanaan penelitian dan pengembangan bidang ekonomi berbagai bidang. Seperti bidang Sumberdaya Alam, Teknologi dan Inovasi, Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya.

Semoga ke depan, lanjut dia, hasil penelitian, pengembangan dan inovasi ini bisa digunakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Balangan.

Terlepas dari itu , dirinya juga berharap potensi daerah yang sudah ada bisa dikembangkan oleh masyarakat menjadi usaha, salah satunya melalui pembentukan BUMDes.

Melalui keberadaan BUMDes ini, menurut Riky, potensi daerah bisa dikembang secara cepat dan maksimal, karena BUMDes ini menjadi  modal dan kekuatan sosial yang ada sebagai dasar dalam membuat sebuah badan usaha tingkat desa sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

“Intinya kita terus mendorong tumbuh berkembangnya BUMDes, karena Keberadaan Bumdes ini bisa dijadikan motor pengerak kemajuan perekonomian bagi desa,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.