Memiliki Potensi, Pengembangan Pariwisata di Balangan Akan Terus Ditingkatkan

0

PENGGABUNGAN kembali antara Dinas Pariwisata dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, tidak akan menjadikan pengembangan wisata di Balangan jadi menurun.

BAHKAN sebaliknya.  Dengan pengabungan dinas tersebut diharapkan kinerja dinas makin dinamis sehingga pengembangan wisata di Balangan juga akan mengalami kemajuan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Balangan Gazali Al Fatah menyampaikan, jika pengembangan pariwisata menjadi salah satu fokos program dinas yang dipimpinnya ke depan.

Pelaksanaan program terkait pengembangan  dan meningkatnya kualitas dan daya saing tenaga kerja di bidang pariwisata, kata Gazali, menjadi salah satu upaya yang akan dilaksanakan oleh pihaknya.

Mendukung terwujudnya itu semua, maka menurut Gazali, program pelatihan dan pembinaan kepada pelaku maupun pengelola pariwisata di Balangan akan terus dilakukan.

Seperti beberapa waktu lalu, lanjut dia, pihaknya mengelar pelatihan Homestay bagi para pengiat pariwisata dan masyarakat di sekitar objek wisata yang ada di Kabupaten Balangan.

Tentu kegiatan seperti ini, kata Gazali, bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, pengelolaan homestay yang ke depannya diharapkan mampu memberikan kesejahteraan dan daya saing tenaga kerja.

Melalui kegiatan pelatihan, kata dia, diharapkan agar bisa dijadikan momen untuk point menambah wawasan para peserta khususnya bagaimana mengelola homestay untuk mendukung kemajuan pariwisata.

“Kita semua tahu jika proses pembangunan dunia pariwisata termasuk beberapa aturan yang dibuat oleh pemerintah daerah tentang kepariwisataan bertujuan untuk kemajuan dunia pariwisata di Balangan,” ucapnya.

Terlepas dari itu, pihaknya kata Gazali, bertekat terus mempromosikannya serta membenahani atau pembuatan fasilitas penunjang objek wisata ini juga akan dilakukan, khususnya di beberapa objek wisata strategis.

“Kita akan berusaha memenuhi fasilitas dasar untuk beberapa objek wisata tahun ini, untuk itu tahun ini kita telah menyediakan dana sekitar Rp 500 juta untuk pembangunan fasilitas tersebut,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.