Delapan Media Siber di Kalsel Siap Ikuti Verifikasi Faktual

0

DELAPAN media massa berbasis siber (online) di Kalimantan Selatan (Kalsel) siap mengikuti Verifikasi Faktual (VerFak) Tim Dewan Pers.

“INSYA Allah dijadwalkan tim VerFak Dewan Pers mengunjungi Kota Banjarmasin pada 30 September hingga 2 Oktober 2021 dan mengunjungi media,” ujar Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan Milhan Rusli, Kamis (23/9/2021).

Verfak bisa dilakukan jika media tersebut dinyatakan lulus Verifikasi Administarasi (VerAdm). “Delapan media online menyatakan kesiapannya untuk di VerFak,” tuturnya disela rapat bersama menyambut kesiapan VerFak di Banjarmasin.

Ia menyebutkan, media online yang VerFak yakni jejakrekam.com, teras7.com, kanalkalimantan.com, mediaprospek.com, grapena.com, bornetrend.com, riliskalimantan.com, dan seputar kota. Kedatangan tim verifikasi Dewan Pers yang dipimpin Ahmad Djauhar Anggota Dewan Pers.

BACA: Ketua Dewan Pers : Media Harus Jadi Wasit, Bukan Pemain Pemilu

Selain Tim VerFak Dewan Pers, jelas Pemred apahabar.com ini, hadir Sekjen JMSI Mahmud Marhaba untuk mendampingi. “Jadi begitu mereka tiba di bandara langsung dilakukan VerFak kepada media online yang berada di wilayah Banjarbaru, sebab dekat dengan bandara Syamsuddin Noor. Lalu ke kantor media online yang berada di Banjarmasin,” tuturnya.

Di tempat terpisah Pemred jejakrekam.com Didi Gunawan Sanusi menyambut baik kedatangan Tim Dewan Pers ke Banjarmasin untuk melakukan VerFak terhadap media. “Semoga semuanya berjalan lancar sesuai harapan,” tambahnya.

Untuk diketahui JMSI merupakan organisasi yang menaungi perusahaan-perusahaan media massa berbasis siber (online). Dan di Bumi Lambung Mangkurat terdapat 31 perusahaan media massa online yang menjadi anggota JMSI Kalimantan Selatan. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.