Evaluasi Monitoring Program Puskesmas se Barito Utara

0

DINAS Kesehatan Kabupaten Barito Utara, menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi program Puskesmas se Kabupaten Barito Utara, di aula Dinas Kesehatan, Rabu (15/9/2021).

KEPALA Dinas Kesehatan Barut, Siswandoyo mengatakan, evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan rencana yang telah diajukan.

“Evaluasi merupakan alat penting untuk membantu pengambilan keputusan sejak tingkat perumusan kebijakan maupun pada tingkat pelaksanaan program,” kata Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo saat membuka kegiatan tersebut.

Dikatakannya, evaluasi hasil kegiatan yang akan dilaksanakan harus dapat digunakan untuk menyusun rencana kegiatan yang akan datang berdasarkan kebutuhan masyarakat sebagai sasaran upaya kegiatan program, hasil evaluasi kinerja tahun lalu dan SPM kesehatan.

BACA: 16 Puskesmas se-Barito Utara Ikuti Orientasi PIS-PK

Dijelaskannya, Puskesmas mempunyai kewenangan untuk melakukan pengelolaan program kegiatan, untuk itu perlu didukung kemampuan manajemen yang baik.

“Manajemen puskesmas merupakan suatau rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergi meliputi perencanaan, pergerakan pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan,” ujar Siswandoyo.

“Selain itu penilaian dan mengetahui capaian program di masing-masing Puskesmas di daerah ini pada umumnya serta capaian SPM pada khususnya,” lanjutnya.

Kadiskes menambahkan tujuan dari kegiatan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan fungsi Dinas Kesehatan dan Puskesmas melalui kerjasama tim, baik lintas program maupun luntas sektoral.

Selain itu juga terpantaunya hasil kegiatan, teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiartan di Dinas Kesehatan serta Puskesmas. Disampingi itu juga semua Puskesmas diharapkan melaksanakan pelayanan selama 24 jam dengan harapan pelayanan puskesmas lebih optimal.

Agar pelaksanaan program kesehatan dapat terselenggara dengan baik maka perlu adanya pertemuan monitoring dan evaluasi program Puskesmas se Barito Utara tahun 2021, guna meningkatkan kualitas pelayanan serta pemahaman pelaksanaan program di masing-masing puskesmas dengan baik dan maksimal.

Sementara Kasi Kesehatan Primer, Kesehatan Tradisional dan Kegawatdaruratan Dinas Kesehatan, Askiah mengatakan kegiatan pertemuan ini diikuti 19 orang yang terdiri dari 17 Puskesmas se Barito Utara, satu orang kepala gudang farmasi dan satu orang kepala Labkesda.(jejakrekam)

Pencarian populer:Manajemen puskesmas
Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.