Wabup H Rusli Ekspedisi Wisata Air Terjun Baris Langupan

0

WAKIL Bupati Tanah Bumbu, HM Rusli bersama camat, anggota DPRD dan beberapa kepala SKPD melakukan ekspedisi wisata untuk meninjau langsung lokasi Air Terjun Batis Langupan yang berda di Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui, Minggu (12/9/2021).

MENCAPAI lokasi air terjun tersebut, wakil bupati bersama rombongan harus bersusah payah melintasi jalan berliku, terjal, dan ekstrim serta menyeberangi sungai setinggi satu meter, yang mana tak membuat rombongan kendor untuk sampai kelokasi wisata air terjun.

Mereka tetap semangat melintasi beragam rintangan dan hambatan selama 6 jam tanpa sedikitpun beranjak dari jok trailnya. Adventure ini dilakoni demi mengeksplor sebuah objek wisata air terjun yang ada di Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui.

Air Terjun Batis Langupan, sebuah destinasi tersembunyi yang memiliki pesona indah dan sangat memikat siapapun jika mampu mengunjungi. Memiliki ketinggian 40 meter, terletak di tengah hutan yang masih asri dan berjarak sekitar 20 kilometer lebih dari Kecamatan Satui.

BACA: Pulau Burung, Destinasi Wisata Kalsel di Masa Depan

Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli mengatakan, ekspedisi wisata dilakukan demi mengeskplor destinasi yang belum terjamah wisatawan ini untuk dikembangkan. Alasannya, air terjun ini sangat berpotensi untuk dijual ke dunia luar, bahkan internasional karena sungguh menakjubkan.

“Kedepannya, Pemerintah Daerah melalui SKPD terkait bisa mengembangkan destinasi ini menjadi tujuan wisata,” kata wabup usai melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang menuju Batis Langupan.

Dalam upya pengembangan wisata ini, yang utama adalah pembangunan infrastruktur. Khususnya akses jalan, jembatan dan sarana prasarana penunjang lainnya.

“Saya yakin di Kalsel baru ini yang pertama ditemukan air terjun setinggi ini. Sangat luar biasa, pesonanya memikat hati untuk mengunjungi tempat ini,” ujarnya.

Ia mengaku kagum dengan air terjun ini. Rasa lelahnya selama perjalanan terbayarkan setelah menikmati eksotisnya pemandangan, indahnya keasrian hutannya dan sejuknya aliran air terjun.

BACA JUGA: ZR Menilai Goa Liang Bangkai Potensial Dongrak PAD Tanbu di Sektor Pariwisata

“Insyaallah akan kita kembangkan. Segera diprioritaskan membuka akses menuju tempat wisata. Jika perlu dibangun jalan baru yang bisa memangkas jarak tempuh,” jelas Rusli.

Rusli optimis, jika destinasi ini dibuka untuk umum, dengan kondisi jalan yang nyaman dan aman, para pelancong akan berdatangan dan merasakan kepuasan setelah menikmati rekreasi di air terjun ini.

“Dengan akses jalan yang nyaman, tentu akan memudahkan wisatawan berkunjung, baik lokal.maupun mancanegara,” imbuhnya.

Air Terjun Batis Langupan memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, yakni karakteristiknya berbeda dengan diwilayah lain. Wisata ini jika kedepannya dikembangkan, akan menjadi ikon baru pariwisata di Bumi Bersujud.

Turut dalam ekspedisi wisata itu Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Asdar Wijaya, Camat Satui, Abdul Rahim dan sejumlah pejabat SKPD dilingkungan Pemkab Tanah Bumbu.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.