Mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan Antusias Disuntik Vaksin Moderna

0

USAI tenaga kesehatan (nakes) disuntik vaksin Moderna, kali ini giliran masyarakat yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

VAKSIN yang diproduksi Moderna Incoporation, Amerika Serikat ini didatangkan pemerintah Indonesia, berbasis messenger RNA (mRNA), membutuhkan teknologi penyimpanan khusus, yakni dalam suhu -20 derajat Celcius.

Berdasar laman Global News, diungkapo hasil penelitian, vaksin Moderna dapat menghasilkan antibodi penawar berbagai varian Covid-19. Varian yang dimaksud antara lain, Beta, Kappa, Delta, hingga Gamma.

Selain itu, kelebihan vaksin moderna dapat diberikan untuk kelompok masyarakat dengan komorbid atau penyakit penyerta. Komorbid tersebut antara lain, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever hati HIV, hingga paru kronis.

Penyuntikan vaksin Moderna ini dilakukan jajaran Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggandeng Dinas Kesehatan HSS serta Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI) Darul Ulum Kandangan, Sabtu (11/9/2021).

BACA : Kalsel Terima Bantuan Obat Covid-19 Favipiravir 8.400 tablet

Bertempat di halaman STAI Darul Ulum, ada sekitar 350 peserta vaksinasi mengikuti program penyuntikan perdana vaksin Moderna. Terdiri dari 300 mahasiswa STAI Darul Ulum, serta 50 orang dari kalangan masyarakat umum.

Kabag Ops Polres HSS, AKPB Agus Sugianto mengungkapkan dari beberapa kali kegiatna vaksinasi, tampak masyarakat lebih antusias dengan vaksin jenis Moderna.

“Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk terhindar dari virus Covid-19 sudah sangat terlihat. Apalagi dengan telah divaksin, maka hal itu akan lebih meningkatkan herd immunity,” ucap Agus Sugianto.

Ia menerangkan pelaksanaan vaksinasi di kampus STAI Darul Ulum dilakukan, karena lembaga pendidikan ini dalam waktu dekat akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Koordinator STAI Darul Ulum Kandangan, Ahmad Zaki menambahkan ada sekitar 1.000 mahasiswa yagn menimba ilmu di lembaga pendidikan tinggi itu.

“Rata-rata mereka sudah divaksin, meskia ikut vaksin di tempat tempat berbeda. Ini sesuai peraturan bahwa semua mahasiswa di STAI Darul Ulum Kandangan dinyatakan wajib mengikuti vaksin,” imbuh Zaki.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.