Peringati Hari Pramuka ke 60, Kwarda Kalsel gelar Bulan Bakti dengan Rangkaian Kegiatan

1

SEKRETARIS Kwarda Kalsel, Zainal Abidin SPd memandu tasyakuran mengumumkan juara lomba MTQ online yang diselenggarakan Kwarda Kalsel beberapa waktu yang lalu. Diikuti anggota Pramuka Siaga dan Pengglang, diharapkan Al Quran dapat menjadi pedoman dan teladan bagi anggota Pramuka Kalsel, Senin (16/8/2021).

PENGUMUMAN juara lomba MTQ Online ini dalam rangkaian acara tasyakuran peringatan HUT RI ke 76, HUT Pramuka ke 60, dan hari lahir Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah, SKM, M.Kes ke 51.

Melalui Bendahara Kwarda Kalsel, Hj Hidayati, Ketua Kwarda menyampaikan salam hormat, ucapan terimakasih atas kehadiran dan doa para undangan. Tasyakuran yang digelar merupakan bentuk rangkaian acara dari Bulan Bakti Pramuka, dihadiri pengurus Kwarda Kalsel, Dewan Kerja Daerah, Pramuka Peduli dan Anggota Pramuka Binaan Kwarda Kalsel dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam menyambut Hari Pramuka, Gerakan Pramuka menyelenggarakan Bulan Bakti Pramuka dengan tema ‘Berbakti Tanpa Henti’. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kwarda Kalsel untuk bakti masyarakat dengan menggelar Vaksinasi yang dilaksanakan pada 29 Juli 2021 yang lalu.

Vaksinasi kembali akan digelar pada 26 Agustus 2021, dan donor darah akan digelar pada 19 Agustus 2021. Sementara Pramuka Peduli Kwarda Kalsel akan membagikan bantuan sembako kepada keluarga dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

BACA: Jelang Usia ke 60 Gerakan Pramuka, Kwarda Kalsel Gelar Vaksinasi

Dalam nasihatnya, Wakil Ketua Kwarda bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Prof. Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad, mengingatkan kepada anggota Pramuka untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur, waspada dan tidak berputus asa.

“Kalau kita mau melihat, seluruh peringatan pada bulan Agustus ini tertaut pada beberapa nama surah dalam Al-Qur’an. Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-76, kita lihat dengan surah ke-76 yaitu surah Al-Insan ayat 3. Dalam peringatan HUT RI ini kita dihadapkan dengan kelompok manusia yang bersyukur dan ada pula yang kufur. Maka hendaknya kita dapat menjadi orang yang bersyukur,” ujarnya.

“Begitu pula dengan peringatan Hari Pramuka Ke-60 ini, sesuai dengan nama surah yang ke-60, Al-Mumtahamah (Wanita Yang Diuji). Kedaan Pramuka sekarang sedang dalam ujian pandemi Covid-19. Hendaknya kita sebagai anggota Pramuka dapat mempersiapkan diri seperti orang yang akan menghadapi ujian dan tidak berputus asa,” sambungnya.

“Peringatan hari lahir Ketua Kwarda ke-51, juga disampaikan dalam Al Quran pada surat Az-Zariyat. Harapan kita semua, semoga Ketua Kwarda bisa menjadi angin segar dalam memimpin Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Sementara dalam tausiah yang disampaikan andalan Kwarda Kalsel periode 2012-2017, Ustadz Ahmad Supian, mengingatkan bahwa pemuda/anggota pramuka itu harus memiliki wawasan yang luas.

“Kepada para pemuda harus mempunyai tarbiyatul aqli atau wawasan yang luas, tarbiyatu adabi yaitu akhlak yang mulia dan mempunyai keterampilan yang tinggi,” ucapnya.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi
1 Komentar
  1. Romi berkata

    Kada gagampangan

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.