140 Pembakal Dilantik, Bupati Banjar Saidi Mansyur Ingatkan Dana Desa Jangan Diselewengkan

0

BUPATI Banjar Saidi Mansyur melantik secara massal 140 kepala desa (kades) periode 2021-2027 di Aula KH Kasyful Anwar Dinas Pendidikan (Disdik), Jalan Sekumpul Ujung, Martapura, Jumat (2/7/2021).

PARA ‘pembakal’ ini merupakan kades terpilih hasil pilkades serentak se-Kabupaten Banjar dari 19 kecamatan. Didampingi Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Alhabsyi dan disaksikan pejabat Forkopimda Kabupaten Banjar dan pejabat lainnya, Saidi Mansyur memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan kepada 140 pembakal. Di antaranya, ada dua pembakal dari kalangan perempuan.

Bupati Banjar Saidi Mansyur pun mengucapkan terima kasih karena semua tahapan pilkades serentak beberapa waktu lalu telah rampung dengan dilantiknya para kades baru. Dalam kesempatan itu, Bupati Saidi Mansyur mengingatkan para pembakal untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya, khususnya dalam pengelolaan anggaran dana desa.

“Penggunaan anggaran desa jangan melenceng harus sesuai koridor sesuai peraturan perundang-undangan,” ucap Saidi.

BACA : Panitia Jemput Bola, Pasien Covid Bisa Nyoblos di Pilkades Banjar 2021

Ia menekankan Pemkab Banjar tak ingin ada pembakal yang baru menjabat atau yang lama tersandung permasalahan hukum terkait penggunaan dana desa.

“Untuk itu, pihak kecamatan harus bisa melakukan pembinaan administrasi kepada para pembakal agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar, Syahrialludin memastikan para pembakal yang baru dilantik akan mengikuti bimbingan dan teknis (bimtek) dalam pengelolaan pemerintahan desa, sebelum bertugas.

Di tengah pandemi Covid-19, Syahrialuddin mengingatkan agar para pembakal bisa meningkatkan perekonomian desa dan menjaga kesehatan warganya agar tak terpapar virus Corona.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.