Panitia Jemput Bola, Pasien Covid Bisa Nyoblos di Pilkades Banjar 2021

0

WARGA yang sedang isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19, dipastikan tetap bisa menyalurkan suaranya dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Kabupaten Banjar, 24 Mei mendatang.

KEPASTIAN dapat menyalurkan hak suara dalam pesta demokrasi tingkat desa ini, diungkapkan Sekda Banjar, HM Hilman, usai memimpin rapat koordinasi pilkades serentak 2021 di Mahligai Sultan Adam Lantai II Martapura, Rabu (19/5/2021).

Menurut Hilman, ada dua alternatif penyaluran suara, yaitu secara teknis diserahkan ke masing-masing TPS. “Yang pertama panitia jemput bola datang ke tempat masyarakat pemilih yang sedang isolasi. Atau alternatif kedua, dipersiapkan bilik khusus pada pemilih yang terpapar. Sehingga tempat melaksanakan hak suaranya terpisah dari masyarakat yang lain dengan jarak yang cukup aman,” jelasnya.

BACA: Banyak Kades Terjerat Kasus Korupsi Ditengarai Mahalnya Ongkos Pilkades

Terkait kesiapan menghadapi hari H Pilkades serentak, ditegaskan Hilman, proses sudah berjalan seperti direncanakan. Begitupun surat-surat suara, saat ini sedang diproses untuk dilakukan pelipatan di kecamatan dan kemudian akan di distribusikan ke desa-desa.

Sementara Kepala Dinas PMD Banjar, H Syahrialludin menjelaskan, pada Pilkades serentak ada salah satu desa yang menjadi contoh untuk disiarkan langsung ke kemendagri, yakni Desa Bincau Muara, Kecamatan Martapura. “Oleh karena itu diharapkan, pilkades serentak Kabupaten Banjar 2021 bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” imbuhnya.

Rakor membahas pilkades serentak ini dihadiri unsur Forkopimda, Ketua Komisi I DPRD, Komaruzzaman, perwakilan Kejari Banjar dan para camat se-Kabupaten Banjar.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.