Naik Trail Camat Teluk Kepayang Datangi Tiga Desa Terpencil

0

KONDISI geografis wilayah Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupaten Tanah Bumbu sangat luas. Sebaran desa di tempat itu pun menjadi saling berjauhan, dan sebagiannya lagi masuk kategori terpencil.

DESA terpencil itu diantaranya, Desa Batu Bulan, Desa Tamunih dan Desa Dadap Kusan Raya. Tiga wilayah itu letaknya jauh dari ibukota kecamatan, serta akses transportasi yang terbatas.

Pada Minggu (6/6/2021) lalu, menggunakan kendaraan jenis trail, Camat Teluk Kepayang H Joni Suwarno, beserta rombongan berangkat menuju tiga desa tersebut.

BACA: Bupati Zairullah Azhar Kunjungi Desa Perbatasan

Berangkat dari pukul 13.00 WITA, dan melalui medan jalan yang berat, akhirnya rombongan tiba di desa pertama yaitu Desa Batu Bulan pada pukul 19.00 WITA.

Disambut oleh kepala desa dan perangkat, pertemuan dengan warga digelar. Beberapa paparan dari perwakilan SKPD yang juga ikut dalam rombongan, disampaikan bergantian.

Dalam pertemuan itu, diperoleh informasi apa yang menjadi persoalan kehidupan masyarakat, sehingga dapat dicarikan solusinya.

Agar lebih tepat sasaran, usai pertemuan H Joni Suwarno beserta tokoh dan masyarakat dan rombongan juga meninjau langsung kondisi di desa itu.

Dalam kesempatan dialog dan diskusi bersama seluruh elemen yang terjadi, didapati beberapa informasi penting dan solusi yang hisa dilakukan untuk lebih memajukan pembangunan di wilayah itu.

BACA JUGA: Puskesmas Teluk Kepayang Kembangkan Layanan Ramah Anak

Camat H Joni Suwarno pun berjanji untuk terus memberikan dukungan penuh kepada masyarakat, hingga desa dapat menjadi lebih maju.

Kunjungan serupa kemudian dilanjutkan ke Desa Tamunih dan Dadap Kusan Raya, serta berakhir pada tanggal 9 Juni 2021.

Dalam keterangannya, Camat H Joni Suwarno menyebut kunjungan itu sebagai perjalanan muhibah.

“Dari perjalanan muhibah ke tiga desa ini, akan diperoleh informasi tentang gambaran nyata dan persoalan mendasar apa yang menjadi kesulitan bagi pemerintah desa dan masyarakatnya. Sehingga solusi pokok apa saja yang dapat ditawarkan sebagai prioritas untuk menjawab itu semua,” ujar H Joni.

Pemerintah kecamatan harus lebih dekat kepada mereka yang ada di desa, sehingga tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan Joni beserta jajaran akan terus berkomitmen melakukan perjalan ini secara berkala.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.