Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Monitoring Seleksi Calon Taruna Poltekip dan Poltekim

0

PELAKSANAAN Seleksi Calon Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) kembali digelar pada tahun 2021 ini. Diselenggarakan di Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (2/6/2021).

KEDUA sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM tersebut membuka kembali penerimaan para peserta ajar baru. Calon taruna mengikuti seleksi dalam beberapa tahapan, yaitu tes CAT, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kegiatan seleksi ini diikuti oleh 224 peserta yang terdaftar dan dibagi menjadi tiga sesi. Pelaksanaan seleksi dipantau oleh para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. Didampingi Tim Panitia Seleksi Kantor Wilayah, secara langsung proses seleksi para calon taruna-taruni dapat diikuti secara langsung.

BACA: Perdana, Pengurus Daerah IKA Poltekim Dilantik

Keberadaan Poltekip dan dan Poltekim memang belum diketahui luas seperti beberapa sekolah kedinasan lainnya. Namun animo dan minat masyarakat mendaftar semakin tinggi. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti, terlebih pada tahun ini seleksi CAT dan SKD dilaksanakan di daerah masing-masing.

Sebagai informasi, Poltekip merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang membentuk kader-kader yang memiliki keahlian khusus di bidang pemasyarakatan. Sedangkan Poltekim menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Terkini, kedua lembaga pendidikan kedinasan tersebut kini memiliki strata pendidikan Diploma IV.

Kegiatan tes CAT dan SKD ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto.

“Seleksi penerimaan calon taruna-taruni Poktekip dan Poltekim itu tidak dipungut biaya. Tentunya hasil yang didapat itu semua tergantung oleh usaha dari peserta sendiri dan atas izin dari Allah SWT. Hal ini tentu tak lepas dari koordinasi bersama Kantor Regional VIII BKN Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah banyak membantu kami dalam mewujudkan seleksi yang berkualitas dan tentunya berintegritas,” ucapnya,

Tejo beserta rombongan melihat langsung proses aktivitas seleksi, mulai registrasi peserta sampai proses pengerjaan soal CAT. Hasil jawaban dari peserta disaksikan langsung secara real time dari ruang monitor, yang menunjukkan skor yang diperoleh peserta setelah mengerjakan tes.

Setelah tahap seleksi CAT, para peserta yang dinyatakan lulus nantinya akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya, dan jika tidak mengalami perubahan akan dilakukan tes kesehatan dan psikologi serta SKB Kesamaptaan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.