Hanya Digelar Daring, PPDB Tingkat SMP se-Banjarmasin Dibuka Akhir Juni 2021

0

PENERIMAAN peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2021/2022 di Kota Banjarmasin masih sama dari sebelumnya. Melihat petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, ada empat jalur pendaftaran yang disediakan.

EMPAT jalur yang dimaksud yakni afirmasi, zonasi, prestasi dan jalur perpindahan orang tua. Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menyebut untuk jalur afirmasi alias siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), kuota yang disediakan minimal 15 persen.

Untuk kuota jalur zonasi, disediakan minimal 50 persen. Sedangkan jalur perpindahan orang tua, kuota yang disediakan hanya maksimal 5 persen. “Karena jalur ini, biasnaya tidak semua sekolah yang mengambil,” jelasnya, Jumat (28/5/2021).

Sementara itu, untuk jalur prestasi, kuota yang disediakan hanya dari sisa tiga jalur yang disediakan di atas.

BACA JUGA: Jalur Prestasi Sepi Peminat, PPDB Online 18 SMP di Banjarmasin Belum Terpenuhi

Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak 21 sampai 23 Juni nanti (untuk jalur prestasi dan afirmasi). Kemudian jalur zonasi dan perpindahan orang tua, pendaftaran dibuka pada 28-30 Juni mendatang.

Totok bilang, mekanisme semua pendaftaran jalur di atas wajib dilakukan secara daring. Kecuali, khusus untuk jalur perpindahan orang tua yang harus dilakukan secara ofline.

BACA JUGA: Sistem Zonasi PPDB Bisa Buka Peluang Kongkalingkong Sekolah dan Orangtua Siswa

“Karena memerlukan data otentik untuk administrasi. Di sisi lain, jumlah pendaftarnya juga biasanya tidak banyak,” jelasnya.

Pengumuman kelulusan untuk jalur zonasi dan perpindahan orang dijadwalkan pada 6 Juli. Sementara jalur prestasi dan afirmasi pada 25 Juli 2021.

“Sedangkan untuk daftar ulang, serentak pada tanggal 7 sampai tanggal 10 Juli. Jadi, tanggal 12 Juli itu sudah bisa masuk sekolah,” tambahnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.