Khawatir Lost Learning, Disdik Banjarmasin Pastikan Belajar Tatap Muka Dimulai Juli 2021

0

TAHUN ajaran baru 2021/2022 bakal digelar bulan Juli nanti. Rencana soal pembelajaran tatap muka (PTM) yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin pun sepertinya tak akan berubah.

SEBAB, Kepala Disdik Banjarmasin Totok Agus Daryanto menyatakan bahwa rencana PTM itu sudah sesuai amanat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Tapi bila orang tua tidak menginginkan tatap muka, masih diperbolehkan mengikuti secara daring,” ungkapnya.

Lantas, bagaimana bila ternyata sekolah swasta beralasan survei orang tua lebih banyak yang menginginkan daring? Totok menegaskan bahwa hal itu tak menjadi alasan. Sekali lagi, sekolah wajib memfasilitasi PTM, seberapa pun siswa atau orang tua yang menginginkannya.

Misalnya yang setuju PTM hanya 30 persen siswa, sekolah harus tetap memfasilitasi. “Karena yang ditakutkan itu adanya lost learning. Siswa dikhawatirkan tidak belajar atau mungkin tak punya peralatan untuk belajar daring,” ujarnya.

BACA JUGA: Belajar Tatap Muka di Banjarmasin Terus Lanjut, Kadisdik: Mendikbud Batalkan Itu Hoaks

Di samping rencana PTM, penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2021/2022 bakal dimulai pada Juni nanti.

Totok menyatakan bahwa pihaknya sudah menyosialisasikan kedua hal tersebut kepada Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Banjarmasin, pada Rabu (26/5/2021) lalu.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan kembali melakukan survei ulang kepada orang tua sebagai persiapan untuk menggelar PTM. “Hasil survei sebelumnya, tepatnya pada ujian sekolah beberapa waktu lalu, ada 84 persen orang tua yang setuju dengan adanya PTM,” tuntasnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.