Ingin Mengabdi kepada Bangsa dan Negara, TNI AL Buka Pendaftaran

0

PENDAFTARAN Calon Taruna dan Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AL dibuka untuk gelombang pertama, melansir laman al.rekrutmen-tni.mil.id, pendaftaran online Calon Tamtama AL dibuka mulai 12 April – 7 Mei 2021.

BAGI warga Kalsel yang ingin mengabdi pada bangsa dan negara sebagai prajurit TNI AL, maka harus bersiap diri dan bisa mendaftar ke Mako Lanal Banjarmasin, Jalan A Yani, Km 3,5.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M Tr Hanla, mengatakan Mako Lanal Banjarmasin sudah membuka pendaftaran untuk umum bagi calon Prajurit TNI AL tahun 2021.

“Nantinya pada saat seleksi akan diperketat dan selalu diawasi oleh panitia dengan jujur dan adil serta tidak dipungut biaya apapun,” ucapnya.

Adapun para calon siswa untuk mendapatkan kelulusan nantinya akan melewati beberapa tahapan diantaranya Test Kesehatan, Garjas, Phsyco Test, Administrasi dan lainnya.

Persyaratan umum adalah warga negara Republik Indonesia, dan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, serta bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada tanggal 22 April 2021, dengan ijazah serendah-rendahnya SMP/sederajat. Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang.

Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

Sehat jasmani dan rohani. Tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya, dan tidak buta warna serta tidak berkaca mata. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama (Dikma) dan selama dua tahun setelah selesai Dikma.

Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat 5 tahun dan paling lama 10 tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi kelasi dua atau prajurit dua dan bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Calon melampirkan Surat Keterangan domisili, dari Koramil atau Kodim setempat, calon mendaftar sesuai tempat pendaftaran yang terdekat sesuai domisili alamat di KTP.

Tata cara mendaftar calon Tamtama PK TNI AL, calon mendaftar secara online melalui internet dengan website: al.rekrutmen-tni.mil.id dan mengisi formulir pendaftaran.

Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli, Akta Kelahiran, KTP Calon, KTP Orang Tua/Wali, Kartu Keluarga (KK), Ijazah dan SKHUN SD, SMP, SLTA sederajat masing-masing di fotokopi satu lembar. Foto hitam putih terbaru ukuran 4X6 cm dua lembar, 3X4 cm Lima (5) lembar serta stopmap warna merah. Saat datang menyerahkan berkas, pakaian calon saat mendaftar memakai kemeja putih dan celana kain hitam.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.