Upaya Lestarikan Lingkungan, Pemprov Kalsel Galakan Program Satu Juta Pohon

0

PENJABAT Gubernur Kalsel, Dr Safrizal ZA, MSi menanam pohon endemik Kalsel, yaitu Kasturi di Kebun Raya Banua, Selasa (06/04/2021) pagi.

PENANAMAN pohon di Kebun Raya Banua ini sebagai program lanjutan penanaman 1 juta pohon di Kalsel atau yang oleh masyarakat Kalsel dikenal dengan Revolusi Hijau.

BACA: Peringati Hari Air Dunia, Safrizal Tanam Pohon dan Lepas Bibit Ikan

Program lanjutan yang akan dimulai tanggal 9 April 2021 mendatang. “Dalam penanaman 1 juta pohon nanti, kita akan lakukan di seluruh wilayah Kalsel dan melibatkan berbagai pihak, seperti ASN, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, pelajar, pihak swasta, termasuk juga para wartawan,” ujarnya.

Penanaman 1 juta pohon ini, selain sebagai upaya pelestarian kekayaan alam hayati, warisan bagi generasi penerus, juga sebagai upaya pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

Diharapkan, dengan penanaman ini dapat mengembangkan kelompok tanaman, tidak hanya lokal tetapi juga tanaman endemik dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini juga tengah dikembangkan penanaman pohon endemik Nusantara, nanti juga kembangkan menjadi pusat studi dan eko wisata,” harapnya.

BACA JUGA: Dukung Agenda Revolusi Hijau, PWI Kalsel Tanam Pohon Ulin

Sementara Kepala UPT Kebun Raya Banua, Agung Sriyono mengatakan Kebun Raya Banua telah mengelola beberapa zona koleksi tumbuhan.

Tumbuhan itu diantaranya zona koleksi tumbuhan obat, zona koleksi tumbuhan kayu, zona koleksi tumbuhan atsiri, aromatik dan rempah, zona koleksi tumbuhan buah, zona koleksi tumbuhan dikotil, dan koleksi tumbuhan anggrek di pembibitan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.