Ongkos Masih Dihitung, Pemprov Kalsel Siap Salurkan Dana Hibah Pemungutan Suara Ulang

0

PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, mengatakan pemprov siap menghibahkan dana penyelenggaraan pilkada kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel untuk kepentingan pemungutan suara ulang.

KATA Safrizal, dana ini nantinya akan digunakan untuk 827 tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah ini didapat dari total 9.060 TPS yang sebelumnya didirikan pada Pilkada Kalsel 2020 tadi.

“Berapa biayanya? Belum tahu. Mungkin sedang dihitung oleh KPU. Nanti KPU akan melaporkan ke kita apa-apa yang diperlukan selama penyelenggaraan PSU,” ungkap Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, saat diwawancarai di Banjarbaru, pada Senin (22/3/2021).

BACA JUGA: MK Kabulkan Sejumlah Gugatan Sengketa Pilgub Kalsel, KPU Diminta Gelar Pemilihan Ulang

Menurut Safrizal, pihaknya akan membantu pembiayaan hingga proses pelaksanaan PSU. Demikian pula TNI/Polri akan membantu dari aspek keamanan.

“Fungsi Pemda adalah membantu KPU dalam melaksanakan PSU yang nanti akan ditentukan waktunya oleh KPU,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membantu penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang sama ketatnya seperti Pilkada yang terdahulu.

BACA JUGA: Pengamat Politik Uniska Sebut Putusan PSU Imbas Dari Praktik Culas Pilkada

“Kami akan cek satu persatu semua TPS yang akan melaksanakan PSU,” tegas Safrizal.

Hal itu ditegaskannya merupakan komitmen bersama, agar tidak terjadi penularan COVID-19 secara masif saat proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Kita harus pastikan Pilkada bukan dari bagian klaster penyebaran CoVID-19,” harapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang menyikapi adanya PSU ini dengan beraktivitas seperti sedia kala.

BACA JUGA : Legowo Putusan MK, Tim BirinMu Bakal Rombak Timses Songsong PSU 7 Kecamatan

Jika sudah ada jadwal pelaksanaannya dan mendapat undangan untuk memilih, maka dipersilakan datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

“Tetap tenang, tetap laksanakan kegiatan sehari-hari. Nanti pada jadwal pemilihan datang ke TPS. Pilih sesuai dengah hati nurani,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.